Ditinggal Penghuni, Satu Rumah di Sungai Andai Ludes Terbakar

Si jago merah mengamuk di kawasan pasar Sungai Andai hingga menghanguskan satu rumah yang ditinggal penghuni.| foto : santoso

BANJARMASIN - Warga Jalan Padat Karya, RT 03 Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara, dibuat panik, Senin (4/10/2021). Api tiba-tiba membesar di sebuah rumah kosong dekat pasar Sungai Andai, sekitar pukul 10.00 Wita.

Belum diketahui pasti penyebab musibah kebakaran. Hanya saja, temua botol berisi bahan bakar yang jatuh dari plafon teras rumah mengindikasikan adanya unsur kesengajaan.  

Menurut saksi mata, Ferry (42), kebakaran ini diduga ada faktor kesengajaan. Sebab saat pintu rumah didobrak, Ferry bersama beberapa warga melihat dan menemukan sebuah botol berisi bahan bakar yang jatuh dari plafon teras rumah.

"Saya tadi berada di toko pakaian Club GYM dan Senam, lalu melihat asap tebal, saya langsung berlari ke rumah itu dan mendobrak pintunya," bebernya kepada wartawan di sela kebakaran.

Karena asapnya mengepul di dalam rumah, Ferry bersama warga mengambil inisiatif dengan mengambil langkah cepat untuk meloncati pagar dan langsung mendobrak pintu. Namun api sudah menyebar dan di beberapa ruangan sudah terbakar.

Lantaran masih dugaan, pihaknya tidak berani membenarkan. Hanya dugaan dan botol berisi bahan bakar sudah dibawa petugas kepolisian, yaitu Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Andai, Aipda Andri.

"Saat didobrak botol berisi bensin jatuh dari atas plafon di teras rumah itu, namun hal ini hanya dugaan dan barang buktinya sudah dibawa pihak kepolisian Banjarmasin Utara," ungkapnya.

Selanjutnya, berkat kesungguhan dan kesiapan relawan pemadam kebakaran api berhasil dijinakkan kurang lebih 30 menit.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Sungai Andai, Aipda Andri mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 10.00 Wita dan menghanguskan satu buah rumah milik Rustam (62).

Rustam sendiri bertempat  tinggal di Jalan Sulawesi, sedang rumah yang terbakar ditempati anak dan menantunya sekeluarga.

"Yang menempati anaknya bernama Maya Rusda (40) seorang pegawai di Bakeuda Kota," jelasnya.

Saat kebakaran, lanjutnya, kondisi rumah memang dalam keadaan kosong, sebab setiap harinya penghuni rumah sibuk bekerja.

Terkait adanya temuan dari saksi tentang botol berisi bahan bakar, pihaknya juga belum berani berkomentar, tapi diarahkan ke unit identifikasi Polresta Banjarmasin. 

"Biar nanti Unit Identifikasi yang menjawabnya, temuan sebuah botol berisi bahan bakar tersebut," tegasnya.[toso]


Posting Komentar

0 Komentar