Selamatkan dari Kepunahan, Balangan Gelar Pelatihan Budidaya Anggrek

SEBAGAI upaya menyelamatkan anggrek lokal dari kepunahan, DKPPP bersama PAI Balangan menggelar pelatihan budidaya.| foto : agus

PARINGIN - Keberadaan bunga Anggrek Bulan lokal di wilayah Kabupaten Balangan, sejatinya memang harus dilestarikan agar tidak punah. Apalagi jenis tanaman ini merupakan keanekaragaman hayati yang eksotis.

Di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, anggrek jenis ini ada di dua kecamatan, tepatnya Kecamatan Halong dan Kecamatan Tebing Tinggi.

Untuk mengembangkan anggrek ini, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Balangan bersama Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Balangan menggelar pelatihan budidaya anggrek.

Pelatihan dilangsungkan di Aula Rumah Dinas Bupati Balangan, Kecamatan Paringin, Senin (18/10/2021). Pelatihan sehari ini fokus pada materi perawatan dan pemeliharaan  budaya anggrek.

Menurut Kepala DKPPP Balangan, Rahmadi, pelatihan budidaya tanaman anggrek kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan langkah tepat untuk mengembangkan anggrek lokal asal Balangan.

"Jadi ini sangat bagus, karena di Kabupaten Balangan memiliki jenis anggrek bulan lokal sendiri," ungkapnya.

Ketua PAI Balangan, Hj Sri Huriyati berharap pelatihan budidaya anggrek ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan bagi pecinta atau pun pembudidaya anggrek.

"Melalui pelatihan ini, kita berharap anggrek lebih dikenal luas di masyarakat Balangan dan bisa memberikan pengetahuan dan wawasan kepada KWT dalam budidaya anggrek," jelasnya.

Tentunya dengan pelatihan ini juga bisa meningkatkan dan mengembangkan budidaya anggrek lokal asli Balangan.[agus]


Posting Komentar

0 Komentar