Pertahankan Eksistensi Balugu, Disporapar Gelar Lomba

LOMBA balugu menjadi langkah antisipasi untuk mempertahankan eksistensi olahraga tradisional balugu di Banua.| foto : martino


PARINGIN - Semakin maju zaman banyak kebudayaan tradisional yang sudah mulai pudar, salah satunya adalah olahraga tradisional balugu yang merupakan olahraga khas yang perlu dilestarikan.

Demi menjaga eksistensi permainan balugu, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Balangan menggelar lomba balugu tingkat kabupaten di lapangan Wahana Olahraga Tepian Tanaman Sanggam Kecamatan Paringin Kabupaten Balangan, Sabtu (20/11/2021).

Acara ini juga sekaligus ajang silaturahmi bagi para komunitas balugu yang mana di ikuti 8 Kabupaten se-Kalimantan Selatan.

Disampaikan Gazali Al Fatah, Kepala Disporapar Balangan, tujuan dari diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk memeriahkan sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda sekaligus melestarikan permainan tradisional balugu itu sendiri.

"Untuk kegiatan lomba balogo pada hari ini dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda," ucapnya.

Gazali menambahkan, terselenggaranya kegiatan ini agar bisa memotivasi para kaum milenial untuk tetap mengenal dan melestarikan olahraga tradisional khususnya Balugu.

"Agar balugu ini bisa lebih dikenal di masyarakat kita lebih khususnya di kalangan muda serta di kalangan pelajar," tutupnya.[martino]


Posting Komentar

0 Komentar