Bersama UPZ, CSR Bank Kalsel Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir Aluh Aluh

BANJARMASIN – Naiknya permukaan laut atau air laut ke daratan, yang disebabkan air laut pasang disertai curah hujan yang tinggi beberapa hari ini membuat beberapa daerah di Kalimantan Selatan kembali terendam banjir.

Salah satu daerah yang terdampak cukup parah yaitu Desa Bunipah di Kecamatan Aluh Aluh, Kabupaten Banjar. 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banjar per tanggal 8 Desember 2021, terdapat 513 rumah, 1700 jiwa dan 8 fasilitas umum (sekolah dan perangkat desa) terdampak.

Atas hal tersebut, Bank Kalsel melalui Corporate Social Responsibility (CSR) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) memberikan bantuan berupa paket bahan makanan sebagai bentuk kepedulian di bidang sosial dan kemanusiaan. 

Total paket bantuan yang diserahkan sebanyak 560 paket dengan rincian yaitu 310 paket berasal dari dana CSR dan 250 paket berasal dari dana UPZ.

Untuk pendistribusian bantuan tersebut kepada warga terdampak, Bank Kalsel menggandeng Badan Amal Zakat Nasional (Baznas) Kalsel agar bantuan dapat diserahkan secara tepat dan cepat.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Direktur Utama Bank Kalsel, Hanawijaya didampingi Direktur Operasional Ahmad Fatrya Putra kepada Irhamsyah Safari selaku Ketua Baznas Provinsi Kalsel. 

Penyerahan disaksikan Gurdanu Syukur dan Ahmad Rafi’ie selaku Wakil Ketua Baznas Kalsel beserta Head of Business Group dan Kepala Divisi Corporate Secretary Bank Kalsel, Fachrudin dan Suriadi di Lantai 3 Bank Kalsel Kantor Pusat, Rabu (14/12/2021).

Hanawijaya menyampaikan rasa prihatin atas musibah banjir yang merendam Desa Bunipah dan sekitarnya.

“Bank Kalsel turut prihatin atas musibah banjir yang menimpa warga Desa Bunipah dan sekitarnya. Semoga bantuan ini dapat sedikit membantu memenuhi kebutuhan pangan warga yang terdampak. Semoga air dapat segera surut sehingga aktivitas warga kembali normal,” ucap Hana.

Hanawijaya menambahkan, bantuan ini merupakan salah satu wujud tanggung jawab sosial perusahaan dan penyaluran dana zakat dari pegawai.

“Bantuan ini juga berasal dari dana CSR sebagai bentuk bakti kita kepada masyarakat, sedangkan bantuan UPZ Bank Kalsel ini berasal dari pemotongan zakat, infaq maupun sedekah dari gaji pegawai Bank Kalsel untuk selanjutnya disalurkan kepada masyarakat yang memerlukan,” imbuh Hana.

Sebagai informasi, Bank Kalsel melalui UPZ-nya sendiri telah bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kalsel untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial, keagamaan serta kemanusiaan di Kalimantan Selatan. 

Bagi yang ingin turut serta membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan dapat menyalurkan donasi melalui nomor rekening Bank Kalsel Syariah : 901.03.05.00777.7 atas nama UPZ Bank Kalsel.[adv]