Ada Kegiatan Mendongeng Setiap Kunjungan Pusling

PARINGIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan terus memaksimalkan pelayanan Perpustakaan Keliling (Pusling) kesekolah-sekolah, terutama sekolah yang sudah melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Kemarin Senin (13/12/2021) Pusling berkunjung ke SDN Muara Pitat Kecamatan Paringin Selatan, meski saat ini armada Pusling hanya berjumlah tiga buah, namun pelayanan Pusling terus dimaksimalkan ke sekolah-sekolah. 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Balangan, Tamrin mengatakan, saat ini Pusling fokus mengunjungi sekolah yang sudah PTM. 

"Rencana kami Pusling dalam seminggu tiga kali melakukan kunjungan kesekolah," ujarnya. 

Selain itu, dalam setiap kunjungan juga dilaksanakan apel bersama dengan siswa sekaligus untuk mensosialisasikan program gemar membaca. 

Menurut Tamrin, Pusling tak hanyar melakukan kunjungan saja, namun lebih dari itu dalam setiap kunjungan dilaksanakan kegiatan mendongeng. 

Dijelaskannya, kegiatan mendongeng dalam kunjungan Pusling bertujuan untuk menghibur anak-anak, kemudian juga memicu anak-anak untuk gemar membaca buku. 

"Mendongeng tak bisa dilakukan tanpa membaca buku terlebih dahulu, nah melalui kegiatan mendongeng inilah kami harapkan anak-anak gemar membaca buku, sehingga mampu memicu anak tampil percaya diri juga menguasai publik speaking," jelasnya. 

Selain fasilitas koleksi berbagai buku, Pusling juga menyediakan fasilitas permainan anak-anak yang edukatif dan ramah lingkungan.[martino]