GOW Balangan Ikuti Rakor BKOW dan GOW se-Kalsel

PARINGIN - Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Balangan mengikuti rapat koordinasi (rakor) dan silaturahmi Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) dan GOW se-Kalimantan Selatan di Kabupaten Tapin, Sabtu (11/12/2021).

Pada kegiatan di Ruang Pendopo Galuh Bastari, Kota Rantau itu, Ketua GOW Balangan, Hj Megawati Ulfah Supiani yang diwakili Sekretaris GOW Sri Agustina SPd berkesempatan menyampaikan laporan anggaran kegiatan GOW Balangan tahun 2021.

“Adapun penyampaian laporan kegiatan anggaran tersebut meliputi dana anggaran yang diberikan pemerintah daerah kepada GOW Balangan sebesar Rp 400 juta,” kata Sri Agustina.

Sri menjelaskan, laporan kegiatan GOW 2021 merupakan kerjasama antara instansi pemerintah yakni terkait tentang bidang sekretariat, memfasilitasi keperluan bidang-bidang adminitrasi, melaksanakan agenda surat menyurat, menyusun laporan tahunan setiap tahun serta menyiapkan pelaksanaan pelantikan.

Dalam laporannya, Sri Agustina menjelaskan, kegiatan GOW Balangan mendapatkan dukungan dari Bupati Balangan, H Abdul Hadi dengan mendapatkan mobil Kijang Innova DA 103 YC untuk hak pinjam pakai dari tahun 2021 sampai 2026. 

Lebih lanjut, Sri Agustina mengatakan, GOW Balangan juga melaksanakan kegiatan sosial dan keagamaan, yakni melaksanakan kunjungan atau silaturahmi keluarga, penyerahan bantuan sembako kepada pondok pesantren.

Kemudian menyerahkan 220 paket bantuan sembako kepada lansia di delapan kecamatan di Kabupaten Balangan, menyerahkan bantuan kebakaran, melaksanakan kegiatan Jumat Berkah hasil kerjasama GOW dan PKK Balangan serta Darma Wanita Kabupaten Balangan.

Ia menambahkan, GOW Balangan juga melaksanakan Maulid Nabi Besar Muhammad shalallahu alaihi wasallam, mengikuti sosialisasi pernikahan usia dini bekerjasama dengan dinas terkait, mengikuti sosialisasi tentang penempatan remaja.

Selanjutnya, penyerahan bantuan kerudung dan peci kepada 65 orang anak-anak tahfiz Al-Qur'an, melaksanakan kegiatan penyerahan bantuan sembako kepada korban banjir, merekrut kegiatan GOW Kabupaten Balangan serta melaksanakan kegiatan politik yang berperan bagi perempuan Kabupaten Balangan.

Menurutnya, GOW Balangan berharap ke depannya bisa menjalin tali silaturahmi, menyamakan satu visi dan satu tujuan untuk melaksanakan program kerja yang telah disusun untuk memperkuat fungsi dari organisasi wanita dalam satu naungan GOW kabupaten/kota dan BKOW tingkat provinsi, menciptakan sinergitas antara organisasi wanita menuju harmonisasi pembangunan di Kalsel.

Selain itu, BKOW bersama GOW kabupaten/kota mempunyai program yang sejalan dengan visi dan misi masing-masing kepala daerah. Juga tanggap terhadap isu-isu strategis tentang perkawinan usia anak, kekerasan terhadap perempuan, ketidakadilan dalam gender. 

"BKOW dan GOW juga bekerjasama dengan instansi terkait dengan melakukan sosialisasi serta pemberdayaan perempuan dalam pembangunan,” pungkasnya.[martino]