Mahasiswa Sentil DPRD Terkait Kondisi Jalan dan Jembatan

PARINGIN - Dalam sebuah talk show di media sosial, Ketua Kerukunan Mahasiswa Balangan (KMB) Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan, menyentil Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat terkait kondisi jalan dan jembatan.

Seperti diketahui bersama, kondisi jembatan di jalan nasional A Yani, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, yang merupakan jalur trans kalimantan, mengalami kerusakan dan harus dilakukan penutupan total dalam masa perbaikan.

Ketua KMB - Banjarmasin, Syahri Husaini, Sabtu (11/12/2021) meminta pihak berwenang serta anggota DPRD Balangan untuk segera mengambil sikap agar menyuarakan aspirasi masyarakat terkait kondisi jalan dan jembatan.

"Seharusnya mereka (DRRD Balangan, red) selaku wakil rakyat, segera mengambil sikap dan menyurati pihak berwenang, sudah sampai mana progres pengerjaan jembatan, serta bagaimana kondisi jalan kabupaten yang dilintasi secara intens oleh angkutan bertonase besar," ujarnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat bersama-sama menyikapi hal tersebut, tentunya dengan jalan menyatakan pendapat bersama-sama agar ada perhatian dari instansi berwenang untuk mencarikan solusi atas kerusakan jalan dan jembatan.

"Kita berharap dapat bersama-sama untuk menyuarakan aspirasi ini, sekaligus agar para senior atau aktivis terdahulu yang pernah melakukan aksi terkait jalan rusak juga dapat bersama-sama menyikapi hal ini," imbuhnya.

Ia berharap adanya solusi dari pihak maupun instansi berwenang serta para anggota DPRD Balangan, agar aktivitas warga terkait akses jalan, baik di bidang pendidikan, pertanian, perekonomian, keagamaan dan lain sebagainya dapat berjalan normal tanpa harus berkutat kembali pada kerusakan jalan dan jembatan secara berulang.

Yang mana lanjutnya, diketahui bersama bahwa, kerusakan itu dipicu akibat intensitas over load dan over dimensi angkutan.

"Kira-kira mobil yang berangkutan besar itu, yang berkapasitas berat menjadi penyebab kerusakan jalan, intinya Mahasiswa dan Pemuda Balangan tidak diam," seloroh Syahri sambil bercanda.[martino]