Ini 4 Desa dengan Capaian Terendah Vaksinasi di Halong

PARINGIN - Dari data paparan kecamatan pada Anev target capaian vaksinasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, terdapat empat desa yang memiliki capaian rendah di Kecamatan Halong.

Diterangkan Camat Halong, Johansyah, beberapa desa memang ada kendala capaian vaksinasi, termasuk kendala pada kurangnya tenaga kesehatan.

"Untuk capaian terendah ada di Desa Halong, Desa Binjai Punggal, Kemudian Desa Hauwai dan Desa Padang Raya, hal ini dikarenakan sasaran capaian di desa-desa tersebut cukup besar, berjumlah ribuan warganya," sebut Johansyah.

Di Kecamatan Halong sendiri, ungkapnya, memang ada dua Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM), yakni di Desa Uren dan Desa Halong yang masing-masing sudah memiliki jadwal capaian vaksinasi.

"Karena mereka sudah memiliki target dan jadwal capaian vaksinasi, sehingga tidak bisa kita kerahkan atau kita bagi ke desa-desa lainnya, dikarenakan memang kendalanya pada kekurangan tenaga kesehatan untuk mencapai target vaksinasi tersebut," ungkap Camat.

Mereka juga sudah diminta dan diarahkan untuk menargetkan capaian vaksin kedua, akan tetapi tetap ada pelayanan untuk target vaksin pertama bagi warga yang belum tervaksin.

"Kami dari kecamatan selalu siap untuk terus mencapai target vaksin seperti yang diharapkan, bahkan sampai berbagai cara hingga berbagi masker pun sudah pula dilakukan demi menarik minat warga untuk bervaksin," pungkasnya.[martino]