Lestarikan Anggrek, PAI Ikuti Lomba Meratus Orchid Show

PARINGIN - Dalam rangka melestarikan anggrek agar tidak punah dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk mencintai dan melestarikan anggrek, terkhusus anggrek spicies, Dewan Perwakilan Cabang (DPC) Persatuan Anggrek Indonesia (PAI) mengikuti lomba.

Lomba yang diikuti tak lain Meratus Orchid Show (MOS) ke-9 yang diadakan DPC PAI Kalimantan Selatan di halaman eks Kantor Gubernur Kalsel, 10 hingga 12 Desember 2021. 

Kegiatan dihadiri Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, Perwakilan DPP PAI Pusat, Ketua DPD PAI Kalsel, Pembina PAI kalsel, seluruh Ketua PAI Kabupaten/Kota se-Kalsel, serta seluruh perwakilan PAI Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Hj Sri Huriati Hadi selaku Ketua PAI Balangan menyampaikan, Kabupaten Balangan sudah mengirim beberapa anggrek untuk mengikuti lomba, salah satunya anggrek bulan dari Halong.

"Kita memiliki anggrek bulan dari kecamatan Halong, semoga anggrek ini bisa bernilai ekonomis untuk masyarakat budidaya anggrek dan masyarakat yang ada di kabupaten Balangan," ucap Bunda Sri begitu sapaan akrabnya.

Bunda Sri juga berharap, anggrek-anggrek dari berbagai jenis ini bisa lebih maju lagi ke depannya.

Sementara itu, Ketua Bidang Sumber Daya dan Konservasi, H Pahmi Wahid menjelaskan, Kabupaten Balangan mengangkat tema stand dengan Geopark Meratus.

"Untuk stand dan aransemen adalah kreativitas, kesesuaian tema dan keindahan, untuk bunga anggrek adalah keindahan dan simetris bunganya serta kesehatan tanaman," tuturnya.

Ia juga berharap ke depannya Balangan juga bisa melaksanakan event-event anggrek seperti ini.

Dalam hal ini Balangan mengikuti lomba-lomba, di antaranya lomba landscape stand, lomba aransemen anggrek, lomba anggrek jenis spicies, lomba senam jantung sehat.

Dan Kabupaten Balangan berhasil membawa kemenangan juara 2 senam jantung sehat, juara 3 untuk landscape stand, dan juara 2,5 dan 6 untuk aransemen anggrek.[martino]