Kawasan Kota Tua Makin Eksis dan Kini Jadi Bandarmasih Tempo Doeloe

BANJARMASIN - Kawasan pergudangan dan pertokoan yang berada di Jalan Hasanuddin HM II, RT. 10 RW. 02, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kecamatan Banjarmasin Tengah, kini makin eksis.

Setelah sebelumnya dikenal sebagai kawasan kota lama atau kota tua, sekarang kawasan yang dulunya sepi dan angker ini sudah mendapatkan julukan baru yakni Bandarmasih Tempo Doeloe.

Julukan baru ini didapat setelah paguyuban dan Pemerintah Kota Banjarmasin meresmikannya pada 15 Desember 2021 lalu.

Awalnya kawasan ini hanya populer di kalangan anak-anak remaja hanya untuk sekedar menjadi latar foto dengan konsep jadul.

Namun seiringnya berjalannya waktu pada 2019 lalu munculah ide dari anak-anak muda yang saat ini tergabung dalam paguyuban untuk menjadikannya sebagai tempat nongkrong atau santai dengan konsep zadul.

"Di Banjarmasin ini kan sebelumnya belum ada wisata atau kawasan seperti kota tua di daerah Semarang, Bandung dan sebagainya. Lalu waktu itu kawan-kawan melakukan survei di kawasan ini dan akhirnya kawasan ini dirasa cocok sehingga waktu itu mulailah kawan-kawan mencoba membangun satu kedai kopi yakni kota lama koffie yang menjadi tenant pelopor di sini," ujar Faisal, anggota paguyuban kawasan Bandarmasih Tempo Doeloe.

Seperti yang dijelaskan Faisal, di tahun 2019 lalu, hanya ada satu kedai yang berdiri yakni kedai kopi bernama 'Kota Lama Koffie'. Hingga beberapa waktu kemudian pada tahun 2020 menyusul lah kedai roti bernama 'Kedai Roti Terang' serta kedai kuliner yang bernama 'Kongsi'. Dan setelah diresmikan barulah ada sekitar 10 kedai atau tenant yang kini semakin meramaikan suasana di kawasan Wisata Kuliner Bandarmasih Tempo Doeloe.

"Kota lama ini menurut saya sangat menarik sebagai daya tarik kuliner yang ada di Banjarmasin. Makanya pas kita datang tadi kaget juga melihat kondisinya asik seperti ini. Pasti ini akan menjadi daya tarik, dari estetikanya dan di kawasan ini tidak berisik dan tentu saja nuansanya Zadul," ujar Sugiharto pengunjung Bandarmasih Tempo Doeloe.

Sementara itu, bagi anda yang tertarik ingin berkunjung silakan datang pada pukul 8 pagi hingga pukul 12 malam.

Dan tentu saja anda akan dimanjakan oleh berbagai macam jenis kuliner di tempat ini. Dan jangan lupa bawa uang yang cukup agar anda bisa mencicipi semua menu yang ada.[fahmi]