Tim Penanggulangan Banjir Evaluasi dan Siapkan Langkah Strategis

BERSAMA instansi terkait, BPBD Balangan melakukan Rakor Teknis Terbatas Tim Penanggulangan Banjir.| foto : martino

PARINGIN - Untuk lebih memantapkan serta memaksimalkan penanganan banjir di Kabupaten Balangan, BPBD Balangan bersama instansi terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor Teknis Terbatas Tim Penanggulangan Banjir ini dilangsungkan di Posko Induk Tanggap Darurat Banjir halaman Masjid Al-Akbar, Senin (6/12/2021). 

Plt Kepala BPBD Balangan, H Rahmi mengatakan, Rakor digelar dalam rangka mengevaluasi penanganan banjir yang terjadi beberapa hari kemarin, serta menyiapkan langkah-langkah strategis lainnya untuk kesiapsiagaan dan antisipasi jika bencana banjir ini kembali datang. 

"Harapannya penanganan banjir dapat berjalan optimal," ujarnya. 

Rahmi mengungkapkan, kendala yang dihadapi saat penanganan banjir kemarin, di antaranya adalah belum terkonsolidasi secara terorganisir dan sistematis personel di lapangan. 

"Melalui rakor kali ini kami memperbaiki sistem organisasi penanganan banjir selanjutnya, yang kedua kendala yang dihadapi adalah keterbatasan logistik dan sarana, tapi dalam waktu dekat soal logistik akan disalurkan kesemua wilayah kecamatan," katanya. 

Sementara itu, kondisi terkini banjir di Balangan saat ini sudah surut dan kering, kemudian cuaca juga stabil dalam beberapa hari, tinggal pembersihan saja lagi. 

Meski demikian, Rahmi tetap mengingatkan dan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap dan selalu waspada terkait cuaca dan datangnya banjir, karena status siaga banjir masih diberlakukan sampai tanggal 12 Desember. 

"Secara formal Status Siaga kita sampai tanggal 12 Desember, namun tak menutup kemungkinan akan diperpanjang, melihat kondisi perkembangan di lapangan," ujarnya. 

Potensi banjir bisa saja kembali terjadi sesuai dengan prediksi cuaca yang dirilis BMKG bahwa diperkirakan musim hujan masih akan terjadi dan berlangsung hingga Januari 2022. 

Oleh karena Ia mengharapkan semua elemen dan organisasi serta pemerintah bersinergi untuk menanggulangi bencana banjir serta kepada warga agar selalu waspada.[martino]