97 Pesilat PSHT Balangan Andil di PSHT Cup 2022

PERSAUDARAAN Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Balangan menggelar Kejuaraan Pencak Silat PSHT Cup edisi 1 Tahun 2022.| foto : martino

PARINGIN - Pencak Silat merupakan seni beladiri khas Indonesia yang sudah dikenal di kancah dunia. Salah satu dari sekian banyak perguruan pencak silat terbesar di Indonesia adalah Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang telah berdiri sejak tahun 1922 dan berpusat di Madiun Jawa Timur.

Salah satu Cabang PSHT di Kabupaten Balangan menggelar kejuaraan pencak silat PSHT Cup ke 1 se-Kabupaten Balangan bertempat di aula mahligai Mayang Maurai, Sabtu (8/1/2022).

Acara di selenggarakan selama 2 hari, dari 7 hingga 8 Januari dan di ikuti oleh 97 pesilat remaja dan dewasa di kabupaten Balangan.

Nyamito Edi Bongho, Anggota Panitia Pelaksana PSHT Cup saat ditemui usai penutupan mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan positif yang digelar oleh PSHT cabang Balangan dan merupakan kali pertama diadakan di Kabupaten Berjuluk Bumi Sanggam.

"Ini merupakan kegiatan kita para anggota PSHT cabang Balangan dan kegiatan ini kali pertama kita adakan dan di sambut baik oleh ketua Cabang PSHT Balangan," jelasnya.

Lebih lanjut Nyamito mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah yang sudah mensupport kegiatan ini hingga selesai.

"Kita sangat berterima kasih kepada Pemkab Balangan yang sudah banyak mensupport kegiatan ini salah satunya dengan memfasilitasi gedung untuk pertandingan ini," ungkapnya.

Atlet yang juara maupun yang telah ikut berpartisipasi di PSHT Cup Balangan ini akan kembali diikutkan seleksi Porprov Kalimantan Selatan yang akan dilaksanakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

"Atlet juara maupun yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan PSHT Cup ini akan kita ikutkan di seleksi Porprov," jelas Nyamito atau yang akrab disapa Mas Mito.

Nyamito berharap ke depannya PSHT Cup terus dilaksanakan agar para atlet pencak silat di Balangan bisa mengasah kemampuan dan berprestasi.

"Kegiatan ini kita harapkan terus dilaksanakan untuk kemajuan PSHT cabang Balangan khususnya dan PSHT sendiri pada umumnya," harapnya.

Terpisah, Nurfariani, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balangan yang juga merupakan pesilat pada masanya menyampaikan dukungan terhadap kegiatan PSHT Cup ini, karena menurutnya kegiatan ini adalah kegiatan yang sangat positif.

"Saya sangat mendukung karena kegiatan ini sangat baik dan positif," tuturnya.

Nurfariani berharap untuk para atlet PSHT agar terus berlatih dan berkembang hingga bisa mengharumkan nama perguruan dan Kabupaten Balangan.

"Semoga ke depannya para atlet PSHT bisa meraih medali yang banyak untuk kabupaten kita," tutupnya.[martino]