Capaian Vaksinasi di Pulang Pisau Melebihi Target, Ini Kata Plt Kadinkes

PLT Kepala Dinas Kesehatan (Plt Kadinkes) Pulang Pisau, drg Sopiah.| foto : manan

PULANG PISAU - Capaian vaksinasi di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), sudah melampuai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah. 

Per 30 Desember 2021 lalu, capaian vaksinasi di kabupaten berjuluk Bumi Handep Hapakat ini mencapai 78,39 persen. 

Itu disampaikan langsung Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pulang Pisau, drg Sopiah saat dikonfirmasi awak media ini, Selasa (4/1/2022) via WhatsApp pribadinya. 

"Alhamdulillah, capaian vaksinasi kita sudah melampaui yang ditarget kan oleh pemerintah. Untuk Pulang Pisau sendiri per 31 Desember 2021 mencapai 78,39 persen, sedangkan target pemerintah 70 persen," katanya cukup singkat. 

Menurut drg Sopiah, untuk mencapai target maksimal vaksinasi diperlukan kerjasama dan kejelian tim dalam mendata masyarakat terkait lokasi vaksin yang dilakukan masyarakat dan keterlibatan aparat pemerintahan level terendah menjadi penentunya. 

Sebab, lanjut dia, kepala daerah dalam hal ini, Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang dalam arahannya berharap vaksinasi bisa dilakukan secara merata di seluruh wilayah hingga tingkat desa dengan prosentase maksimal sehingga penyebaran Covid-19 dapat lebih mudah ditekan dan masyarakat memperoleh kekebalan tubuh yang maksimal.

"Atas kerjasama seluruh pihak ini, maka capaian target vaksinasi kita melebih target. Itupun terbukti dengan melandai nya kasus Covid-19 di daerah kita, dan level 1," ungkapnya. 

Sedangkan, tambahnya, untuk capaian vaksinasi per 3 Januari 2022 ini sudah 78,53 persen. Meski begitu, Covid-19 masih belum berakhir. "Jadi, kami terus mengimbau agar tetap menerapkan proses sesuai anjuran pemerintah dan saat ini kita sudah mulai melaksanakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun dengan capaian 10 persen," pungkasnya.[manan]