Resmi Dikukuhkan Bupati Zairullah, Ini 7 Tugas LPTQ Kecamatan di Tanbu

BATULICIN - Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) tingkat Kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) untuk periode 2021 – 2024 resmi dikukuhkan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar, Rabu (5/1/2022).

Pengukuhan yang dilangsungkan di Gedung TP PKK Tanbu ini disaksikan Ketua Umum LPTQ Tanbu, H Ambo Sakka dan Sekretaris Umum LPTQ Tanbu, H Abdul Hamid.

Bupati Zairullah dalam sambutanya berharap LPTQ menjadi pelopor dalam mencetak generasi penghafal Alquran Bumi Bersujud yang berkualitas.

Bersamaan momen ini, juga dilaksanakan orientasi LPTQ bertema “Bumikan Alquran melalui gerakan masyarakat mengaji untuk akselerasi Bumi Bersujud dan Kota Serambi Madinah”.

Dalam orientasi itu, Ambo Sakka menyebutkan, ada 7 tugas LPTQ kecamatan. Tugas itu, pertama; Menyusun dan mempersiapkan rencana MTQ tingkat Kecamatan dan/atau menjadi tuan rumah MTQ tingkat Kabupaten.

Kedua; Menyampaikan laporan hasil MTQ Kecamatan yang dilaksanakan tahun berjalan. Ketiga; Menyiapkan kafilah yang akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten semaksimal mungkin. Keempat; Membina dan mengembangkan TPA/TPQ/TPSQ/Pondok Tahfiz yang ada di wilayahnya.

Selanjutnya, Kelima; Membina dan mengembangkan cabang-cabang MTQ yang dilombakan. Keenam; Melaksanakan konsultasi dan koordinasi tentang keorganisasian LPTQ secara berjenjang, dan Ketujuh; Memberikan laporan tertulis tentang kegiatan LPTQ Kecamatan pada Rakerda/Musda LPTQ di momen MTQ Kabupaten setiap tahun.

Tampak hadir pada pengukuhan ini Ketua MUI Tanbu, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD Lingkup Pemkab Tanbu, dan Tim Percepatan Pembangunan Daerah Tanbu.[joni]