Tari Ndolalak, Siap Ramaikan Ulang Tahun Desa Pematang

BATULICIN - Irama gendang, keyboard dan nyanyian, mengiringi raga gemulai remaja putri Desa Pematang Ulin, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu yang berlatih seni Ndolalak Putri Lestari Sidodadi, Minggu (1/1/2022) malam. 

Latihan tarian yang digelar setiap malam Sabtu atau Minggu dilangsungkan di halaman rumah salah satu peserta tari di Desa Pematang Ulin.

Tari Ndolalak sendiri merupakan tarian tradisional khas dari Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Kepala Desa Pematang Ulin, Winarto melalui Kasi Kesra, Dasiyo mengatakan, latihan tari Ndolalak ini sebenarnya digelar pada malam Sabtu.

"Namun berhubung pada malam tadi bertepatan dengan tahun baru, maka latihan ini diundur menjadi malam minggu," tuturnya.

Dasiyo mengatakan, saat ulang tahun ke-38 Desa Pematang pada 7 Januari 2022 nanti, tarian Ndolalak ini bakal ditampilkan bersama tari kuda lumping. Ini dilakukan untuk kemeriahan desa.

Sebelumnya, Ketua Kesenian Tarian Tradisional Ndolalak Putri Lestari Sidodadi Desa Pematang Ulin, Priansyah mengatakan, latihan ini untuk menambah kelincahan gerakan dalam menari. 

"Tujuannya agar nanti pada saat pementasan di setiap acara hajatan atau acara repsesi pernikahan bisa lebih lincah dan paham akan gerak-gerik tarian tradisional Ndolalak," pungkasnya.[joni]