Wabup Andi Hadiri Penyerahan Ijazah Sanad Senjata Mukmin

KITAB Senjata Mukmin menjadi kitab rujukan di banyak Ponpes di Kalimantan Selatan, termasuk di Kotabaru.| foto : zainuddin.

KOTABARU - Penyerahan sekaligus pembacaan Ijazah Sanad Kitab Senjata Mukmin digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fath Wan Nasr, Desa Semayap Kecamatan Pulau Laut Utara, Jumat (14/1/2022) malam.

Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif, KH Muhammad Naufal Rosyad Martapura, Ketua Yayasan dan Pimpinan Pondok (Ponpes) Kotabaru Al Fath Wan Nasr H. Muhammad Yusuf Firdaus.

Juga tampak Dandim 1004/Ktb Letkol Inf Roy Fakhrul Rozi, Kepala Kejaksaan Negeri Kotabaru Andi Irfan Syafuddin, para Habaib, serta tokoh agama.

Wabup Andi mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Ponpes Al Fath Wan Nasr atas terselenggaranya pembacaan Ijazah Sanad kitab Senjata Mukmin.

Ini disebut sebagai salah satu khazanah dalam keilmuan dan silsilah Sanad yang diwariskan oleh para salaf dan ulama yang menjadi keistimewaan umat, dan tidak terputus hingga sampai sekarang ini.

Menurut Andi, sanad kitab Senjata Mukmin ini merupakan bagian penting dalam tradisi keilmuan Islam, karena dengan adanya sistem Sanad setiap ilmu yang diterima umat Islam dari satu generasi ke generasi setelahnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

"Semoga kita semua mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah serta senang, sejahtera dalam menjalani kehidupan serta memperbanyak membaca shalawat," harapnya.

Ini juga merupakan bentuk pelestarian budaya salaf dalam keilmuan agar silsilah sanad yang menjadi keistimewaan umat tidak putus.

Ia juga berharap kegiatan ini mampu menyinari rohani dan menambah keberlangsungan serta keberkahan dalam menjalani kehidupan ini.

Ia meminta seluruh santri di Ponpes ini belajar dan diiringi dengan akhlaqul karimah serta menjunjung tinggi derajat ulama demi meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah subhanahu wata'ala.[zainuddin]