Kenang Sejarah 7 Februari, Bupati Zairullah Tabur Bunga di Pagatan

PERJUANGAN pahlawan di Pagatan dalam mempertahankan kemerdekaan, patut menjadi teladan dan motivasi bagi masyarakat saat ini.| foto : joni

BATULICIN – Tanggal 7 Februari menjadi hari bersejarah bagi perjalanan rakyat Kabupaten Tanah Bumbu. Di mana 76 tahun silam, tepatnya pada 1946 terjadi pertempuran di wilayah Pagatan dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Perjuangan masyarakat Pagatan menjaga kedaulatan wilayahnya dari penjajah saat itu sampai merenggut 38 jiwa yang gugur dalam pertempuran, hingga akhirnya diperingati sebagai Hari Pahlawan 7 Februari.

Di momen ini, Senin (7/2/2022), Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) kembali melaksanakan peringatan tersebut yang diisi dengan berbagai kegiatan.

Diawali dengan tabur bunga oleh Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar bersama unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah dan pejabat SKPD, serta lainnya di Makam Pahlawan Mattone di Desa Kampung Baru Kecamatan Kusan Hilir.

Kemudian dilanjutkan dengan silaturahmi oleh Bupati Zairullah dan peserta tabur bunga dengan Ahli Waris dan Keluarga Pahlawan di gedung 7 Februari Kecamatan Kusan Hilir.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Kaswan yang juga selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan, kegiatan ini digelar guna mengenang semangat perjuangan Pahlawan 7 Februari bersama dengan ahli waris, keluarga dan para pejuang veteran.

Kaswan melanjutkan, semangat perjuangan para Pahlawan 7 Februari yang telah gugur itu akan menjadi pengingat dan penyemangat, agar semua dapat mengisi pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu, Bupati Zairullah mengawali sambutannya dengan mengajak para undangan yang hadir untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan dari Pahlawan 7 Februari dengan bersalawat seraya memanjatkan doa bagi arwah para pahlawan.

“Mudah-mudahan arwah para pahlawan diterima oleh Allah subhanahu wata'ala di sisi-Nya dan kuburannya menjadi taman-taman surga. Dan kita semua yang melanjutkan dan melaksanakan apa yang menjadi visi dan misi perjuangan para pahlawan,” ucap Zairullah.

Zairullah juga meminta untuk terus menanamkan semangat membara dari peristiwa yang menggetarkan itu, bagaimana mereka dengan segala keterbatasannya, tanpa rasa takut maju berperang dengan keinginan untuk memerdekakan bangsa.

“Dengan semangat inilah, kita hari ini semakin termotivasi dan terdorong untuk kemudian membangun Kabupaten Tanah Bumbu yang kita cintai bersama ini. Alhamdulillah, kita bersyukur kepada Allah, betapa banyak nikmat dan hidayah yang kita terima, apa yang kita perjuangkan di ijabah oleh Allah subhanahu wata'ala,” ungkapnya.

Menurutnya, saat sekarang kita harus bersyukur dengan perjuangan yang sedang dilakukan yang tentunya melanjutkan apa yang menjadi amanah perjuangan Pahlawan 7 Februari di persada sana. 

Menangkap makna perjuangan dan semangat mereka dan terus berkomitmen melanjutkan apa yang telah dicontoh mereka dengan optimisme dalam membangun Bumi Bersujud menuju Serambi Madinah.

Usai membacakan sambutan, Bupati Zairullah Azhar menyerahkan bingkisan kepada ahli waris dan keluarga Pahlawan 7 Februari. Selain itu, peringatan juga diisi dengan pemeriksaan kesehatan gratis, vaksinasi dan donor darah.[joni]