Resmi Beroperasi, Enam Warga Binaan Kotabaru asal Tanbu Huni Lapas Batulicin

SECARA bertahap, warga binaan Lapas Kotabaru yang merupakan warga Tanbu akan dipindahkan ke Lapas Batulicin.| foto : humas

BATULICIN - Enam warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotabaru resmi diserahkan ke Lapas Kelas III Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan. 

Penyerahan ini menandai pengoperasian Lapas Batulicin yang baru dibangun. Pengoperasian Lapas Batulicin ini tentunya juga disambut positif Pemkab Tanbu.

Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar melalui Staf Ahli Bidang Masyarakat dan SDM, M. Putu Wisnu Wardhana saat memberi sambutan dalam acara syukuran dimulainya pengoperasian Lapas Batulicin, Selasa (22/2/2022) mengaku menyambut baik keberadaan Lapas Batulicin.

Mengawali pengoperasian Lapas ini, enam warga binaan Kotabaru asal Tanbu dipindahkan untuk menghuni Lapas baru di Bumi Bersujud ini.

"Mereka yang diserahkan itu adalah warga Tanah Bumbu yang sebentar lagi akan menghirup udara bebas," tuturnya.

Keberadaan Lapas Batulicin ini diharapkan dapat memberikan pelayanan pembinaan yang lebih baik kepada warga binaan.

“Sehingga nantinya dapat merubah perilaku warga binaan yang ada di Lapas ini menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dan saat kembali ke masyarakat mereka dapat diterima,” harapnya.

Sementara itu, Plt Kalapas Kelas III Batulicin, Yosef Benyamin Yembise mengungkapkan, warga binaan yang ada di Lapas Kotabaru tercatat sekitar 1.060 orang, di mana 60 persennya dihuni oleh warga Tanbu.

“Dengan kerjasama semua pihak diharapkan warga binaan yang dititipkan di Lapas Kotabaru nantinya secara bertahap dapat dipindahkan,” ungkapnya.

Juga tampak hadir dalam syukuran pengoperasian Lapas ini Ketua DPRD Tanbu, H Supiansyah, Sekretaris Dewan, pihak Kejaksaan, Pengadilan, Kepolisian, TNI dan tokoh masyarakat.[joni]