DPMD Kapuas Gelar Rapat, Persiapkan Pilkades Serentak 2022

SUASANA rapat koordinasi persiapan Pilkades Serentak 2022 di Kabupaten Kapuas.| foto : dokumen

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022.

Persiapan perhelatan pesta demokrasi tingkat desa itu dengan menggelar Rapat Koordinasi di Auala Kantor DPMD, Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas, Rabu (9/3/2022).

Rapat dihadiri Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Desa DPMD Provinsi Kalteng, Murjani, Kepala DPMD Kapuas Yanmarto, Bagian Tapem dan Bagian Hukum Setda Kapuas serta sejumlah camat.

"Persiapan kita secara umum kita sudah siap untuk pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 ini. Ada beberapa hal yang belum selesai, namun harapannya itu bisa kita selesaikan sehingga bulan Maret 2022 ini targetnya itu tahapannya sudah bisa dimulai," kata Yanmarto.

Lanjutnya, di Kabupaten Kapuas total ada 155 desa yang akan menggelar Pilkades 
serentak.

"Itu terdiri dari desa-desa yang berakhir masa jabatan akhir tahun 2021 sebanyak 146 desa, dan ada 9 desa yang berakhir di Juli 2022 itu akan kita ikutkan dalam Pilkades ini sesuai ketentuan," terangnya.

Pihaknya ingin semua agenda daerah termasuk dalam pelaksanaan Pilkades ini bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Tentunya dengan kerjasama dukungan semua pihak," jelasnya.

Sementara, Kabid Penyelenggaraan Pemerintahan Desa DPMD Provinsi Kalteng, Murjani mengatakan, sebagaimana paparan DPMD Kapuas dalam rapat itu Pilkades secara umum persiapan sudah dilakukan untuk pelaksanaan Pilkades di Kapuas.

"Menurut kami persiapannya (Pilkades) sudah maksimal. Tugas kami di provinsi menelaah rancangan Peraturan Bupati terkait Pilkades itu," kata Murjani.

Diakuinya, untuk Kabupaten Kapuas desa-desanya termasuk yang banyak melaksanakan Pilkades selain itu dengan kondisi geografis wilayah desa dengan jarak jauh dan terpencar.[tommy]