Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kapuas Mulai Digelar

PEMBUAKAAN Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung.| foto : dokumen

KUALA KAPUAS - Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas Tahun 2022, mulai digelar, Senin (14/3/2021).

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari jadi ke  216 Kota Kuala Kapuas dan HUT ke-71 Pemkab Kapuas ini sebelumnya secara resmi dibuka Wakil Bupati Kapuas, HM Nafiah Ibnor di Gedung Kesenian Gandang Garantung Kabupaten Kapuas, Minggu malam, 13 Maret 2022

Festival tersebut terdiri dari lomba karungut, lawang sakepeng, bagasing dan balogo.

Kegiatan diselenggerakan selama 4 hari dimula tanggal 12 Maret 2022 sampai dengan 15 Maret 2022.

Wakil Bupati Kapuas mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat terus dilestarikan dengan tidak meninggalkan nilai-nilai budaya asli yang terkandung di dalamnya.

“Untuk memperkenalkan kepada generasi muda kita dari krisis moral nilai-nilai seni budaya, salah satu upaya Pemerintah Daerah adalah melalui kegiatan festival budaya seperti ini agar dapat melestarikan nilai-nilai budaya kepada generasi bangsa,” ucap Nafiah.

Festival budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2022 merupakan agenda tahunan bidang kebudayaan pada Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas yang akan disiapkan untuk mengikuti event-event dan agenda kegiatan yang ada serta sebagai duta kebudayaan daerah Kabupaten Kapuas.

Agusthe Andreas Noah selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan, jumlah keseluruhan peserta sebanyak 170 orang yang terdiri dari 17 orang lomba karungut putra, 17 orang lomba karungut putri, 26 grup putra lomba lawang sakepeng, 6 grup putri lawang sakepeng, 12 grup lomba bagasing, dan 12 grup lomba balogo.

“Festival Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2022 di ikuti oleh 17 kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas serta beberapa sekolah dan komunitas grup seni yang ada di Kabupaten Kapuas,” kata Agusthe.[tommy]