Sidak, Sekda Tanbu Dapati Oknum Pegawai Merokok di Ruang Kerja

DISIPLIN sejatinya menjadi sikap dan komitmen semua ASN.| foto : joni

BATULICIN - Inspeksi mendadak alias sidak kedisiplinan dilakukan Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu, H Ambo Sakka, ke semua Satuan Kerja Perangkat Daerah  (SKPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Selasa (1/3/2022). 

Saat sidak ke Kantor Dinas Satpol PP dan Damkar Tanbu, Ia menemui 5 oknum pegawai di dinas itu bersama karyawan dari dinas lainnya, terlihat tidak disiplin. Di antara mereka bahkan didapati sedang merokok di dalam ruangan kerja.

Parahnya, mereka duduk-duduk di ruang tunggu depan ruang Kabid Satpol PP dan Damkar Penegakan Peraturan Perundang-undangan Daerah (PPUD).

"Kita dapati mereka pada saat duduk dan ada yang merokok di dalam ruangan pada saat duduk bersama itu. Itu nanti akan ditindaklanjuti dan akan memanggil yang bersangkutan dengan dikenakan sanksi sesuai aturan Perda," tegasnya.

Ambo yang saat datang disambut Sekretaris Satpol PP dan Damkar, Muhammad Arif Rahman Hakim, bahkan menegur 5 oknum itu agar segera mematikan rokok. Mereka juga diminta berdiri.

Ia juga meminta Sekretaris Satpol PP itu agar mencatat nama-nama mereka untuk ditindak sesuai aturan Perda.

Menurut Ambo, sidak ke SKPD dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan kehadiran pegawai di kantornya masing-masing.

"Alhamdulillah, hampir semua SKPD yang kita kunjungi hari ini, pada prinsipnya sudah melaksanakan tugas dengan baik, tingkat kehadirannya cukup tinggi dan pekerjaannya cukup baik," terangnya.

Pemkab Tanbu, lanjutnya, menginginkan semua pegawai patuh dan disiplin pada aturan. "Artinya bila kita bekantor dari jam 8.00 pagi dan pulang jam 4 sore, maka taatilah aturan itu," imbuhnya.

Sementara itu, terkait kasus oknum pegawai Dinas Satpol PP dan Damkar yang didapati Sekda tak disiplin, Sekretaris Satpol PP dan Damkar Tanbu, Muhammad Arif Rahman Hakim mengaku sangat menyayangkan.

"Sikap 5 oknum anggota itu, terkesan kurang menghargai pimpinan," tandasnya. 

Ia bersama Kabid PPUD Satpol PP dan Damkar Tanbu, Sartika Dewi sedang membicarakan langkah berikutnya.

"Tadi saat diminta data namanya oleh Sekda, saya langsung mendata mereka, dan ini bersama Kabid PPUD-nya membicarakan hal itu," pungkasnya.[joni]