Ukur Pencapaian Kemajuan, Tim Penilai Sambangi Desa dan Kelurahan

Ukur Pencapaian Kemajuan, Tim Penilai Sambangi Desa dan Kelurahan

DESA Kersik Putih dan Kelurahan Batulicin wakili Kecamatan Batulicin ikuti lomba desa dan kelurahan.| foto : joni

BATULICIN - Tim Penilai Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan mulai melakukan penilaian di Desa Kersik Putih dan Kelurahan Batulicin, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, Selasa (29/3/2022).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tanbu, Samsir sekaligus sebagai Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan mengatakan, Lomba Desa dan Kelurahan ini wajib dilaksanakan, sesuai Amanat Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan.

Ini, lanjutnya, bertujuan sebagai evaluasi dalam implementasi penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan pemberdayaan masyarakat.

"Juga untuk mengukur capaian kemajuan, kemandirian untuk menuju kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Kepala Desa Kersik Putih, Rudi Hartono dalam sambutannya mengaku, selama melaksanakan tugas Ia mampu menjadikan desanya dengan status maju dari sebelumnya berstatus berkembang.

"Prestasi ini terwujud berkat kerjasama sama yang baik dengan seluruh warga dalam memajukan desa," tuturnya.

Rudi juga menghibahkan bangunan secara pribadi kepada Pemerintah Desa Kersik Putih. Bangunan yang dihibahkan berupa pagar beton, pembuatan paving halaman kantor, plafon kantor desa dan lainnya. Penghibahan ini disaksikan Ketua BPD, Camat Batulicin dan Kepala DPMD.

Usai di Desa Kersik Putih, Tim Penilai menuju Kelurahan Batulicin. Kedatangan tim disambut hangat Lurah Batulicin, Said Akhmad.

Said mengatakan, dengan adanya lomba kelurahan ini setidaknya mendapatkan pengalaman yang luar biasa dalam membenahi tata kelola pemerintahan desa.

"Kami juga akan mengembangkan potensi wisata Pulau Suwangi, di mana sebelumnya cagar alam ini sudah mendapatkan izin untuk dipergunakan sebagai kawasan produktif dalam pengembangan kawasan wisata serta kawasan wisata religius tempat makam Raja-Raja Batulicin," paparnya.

Jika tak ada aral, Rabu (30/3/2022), Tim Penilai mendatangi Desa Banjarsari di Kecamatan Angsana dan Desa Sungai Cuka di Kecamatan Satui.[joni]



Lebih baru Lebih lama