Pemkab Balangan Serius Budidayakan Tanaman Porang melalui Program POKAR Sanggam

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi bersama unsur Forkopimda meninjau lahan yang akan ditanami porang di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai.| foto : martino

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten Balangan serius membudidayakan tanaman porang. Hal ini dapat dilihat dari beberapa agenda kegiatan Bupati Balangan, H Abdul Hadi yang selalu berkaitan dengan pengembangan tanaman porang.

Baru-baru ini, Pemkab Balangan juga telah meluncurkan salah satu program unggulan, yakni POKAR Sanggam yang mana program ini menggabungkan lahan perkebunan karet dengan tanaman porang di Desa Mungkur Uyam, Kecamatan Juai.
 
Bupati Abdul Hadi menjelaskan, program POKAR Sanggam ini adalah program yang baru diluncurkan pada H-3 sebelum Ramadhan dengan harapan, petani-petani di Kabupaten Balangan bisa mencapai kesejahteraan.

“Selama ini di Balangan banyak lahan perkebunan karet, lalu kita launching program POKAR tumpang sari yang didampingi oleh Polres Balangan dan Kodim 1001/HSU-BLG untuk memastikan program ini benar-benar akan jalan. Jadi kita konsen di porang ini untuk menjamin bahwa Balangan sebagai satu-satunya pengekspor porang dan tetap berkelanjutan dan berkesinambungan,” jelas Abdul Hadi saat meninjau lahan yang akan ditanami porang di Desa Mungkur Uyam, Jumat (22/4/2022).

Menurutnya, porang salah satu tanaman yang bernilai ekonomi, akan tetapi di Balangan masyarakat belum terlalu familiar dengan tanaman ini.

“Di samping kita untuk berkelanjutan mengekspor, kita juga menyebarluaskan dan mengenalkan bahwa tanaman ini adalah tanaman bernilai ekonomi tinggi,” pungkasnya.[martino]