Pemkab Kapuas Ikuti Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-26 secara Virtual

SECARA Virtual Pemkab dan Forkopimda Ikuti Peringatan Hari Otda ke 26.| foto : diskominfo

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas, Kalteng mengikuti acara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-26, tingkat Nasional melalui virtual bertempat di ruang rapat Bupati Kapuas, Senin (25/04/2022).

Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-26 tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Otonomi Daerah, Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif, Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat Dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.

Kegiatan diikuti oleh Kepala Daerah dan Forkopimda seluruh Indonesia. Sementara untuk Kabupaten Kapuas sendiri diikuti oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Salman bersama perwakilan Forkopimda serta Kepala Kemenag Kapuas, H Hamidhan.

Mewakili Menteri Dalam Negeri, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro dalam sambutannya menyampaikan, otonomi akan menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi sumberdaya yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta mengacu percepatan pembangunan daerah.

“Setelah 26 tahun otonomi telah memberi dampak yang positif salah satunya dibuktikan dengan percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia,” kata Suhajar Diantoro.

Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan PAD dan diharapkan dapat mendukung pembangunan daerah serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI, Akmla Malik mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali atas komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik, bersih, transparan dan akuntabel dalam memberi pelayanan kepada masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan launching 2 Sistem Informasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (SI LPPD) versi 1.1 dan Konsultasi Virtual Otonomi Daerah (Kovi Otda) oleh Sekretaris Jendral Kemendagri Suhajar Diantoro.[adv]