Piala Diserahkan Bupati Zairullah, Ini Para Juara Lomba Kebersihan di Tanbu

Piala Diserahkan Bupati Zairullah, Ini Para Juara Lomba Kebersihan di Tanbu

DESA Banjarsari dinobatkan sebagai juara lomba kebersihan se-Kabupaten Tanah Bumbu.| foto : mc 

BATULICIN – Apresiasi berupa piala plus hadiah terhadap pemenang Lomba Kebersihan Desa/kelurahan diberikan langsung Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), HM Zairullah Azhar di Kantor Bupati Tanbu, Senin (11/4/2022).

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tanbu, Mahriyadi, Lomba Kebersihan Desa/kelurahan se-Kabupaten Tanah Bumbu ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-19 Kabupaten Tanah Bumbu. Juga sebagai perwujudan harapan pengelolaan satu desa satu pengelolaan sampah.

"Lomba ini juga diharapkan ke depannya dapat membangkitkan semangat positif kecamatan bersama desa/kelurahan dalam peningkatan upaya pengelolaan sampah dan kepedulian terhadap kebersihan, serta tercipta sinergitas pengelolaan sampah antara pemda dengan kecamatan dan desa/kelurahan," paparnya.

Kepada Desa Banjarsari Kecamatan Angsana yang keluar sebagai pemenang lomba diharapkan agar terus meningkatkan upaya dalam mengelola kebersihan desanya.

Untuk sesa lain juga diharapkan termotivasi mengikuti jejak Desa Banjarsari dalam mengelola persampahan dan kebersihan desanya.

Kabid Pengelolaan Sampah dan LB3, Indah Maya Suryanti ST, menambahkan, lomba dilaksanakan dengan tahapan seluruh kecamatan menyampaikan 2 nominator desa/kelurahan yang akan diikutsertakan pada lomba yang digelar 7 hingga 9 Maret 2022.

Tim Penilai sendiri terdiri dari DLH dan perwakilan PKK Kabupaten Tanah Bumbu, di mana juri melakukan penilaian di 24 desa/kelurahan.

Kemudian hasilnya dirapatkan untuk proses penetapan pemenang. Secara garis besar kriteria penilaian meliputi kebersihan sampah dan lingkungan, pernah menerbitkan kebijakan desa tentang kebersihan, dan penanganan sampah oleh pihak desa/KSM.

Selanjutnya tentang kebersihan drainase, ada tidaknya RTH, ada tidaknya upaya pemilahan sampah, ada tidaknya upaya pemanfaatan sampah, dan peran terhadap retribusi kebersihan.[joni]

JUARA LOMBA 
1. Gelar juara diraih Desa Banjarsari, Kecamatan Angsana. Pemenang mendapatkan piala bergilir Bupati, 1 unit kendaraan roda tiga CSR Bank Kalsel, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp5 juta

2. Runner up diraih Desa Ringkit, Kecamatan Kuranji dan berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp3 juta.

3. Peringkat 3 Kelurahan Kota Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir dan berhak mendapatkan piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaan Rp2 juta.

JUARA HARAPAN
- Juara Harapan 1 diraih Desa Al-Kautsar, Kecamatan Satui, dan berhak mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp1 juta.

- Juara Harapan 2 Desa Rejosari, Kecamatan Mantewe berhak mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp1 juta.

- Juara Harapan 3 Desa Wanasari, Kecamatan Sungai Loban berhak mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan Rp1 juta.


Lebih baru Lebih lama