BSPS, Bantu Warga Tanbu Tingkatkan Kualitas Rumah Layak Huni

BATULICIN - Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) segera memberikan bantuan peningkatan kualitas rumah layak huni kepada masyarakat, tepatnya melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Kepala Dinas Perkimtan Tanbu, H Ansyari Firdaus saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (24/5/2022) mengatakan, program bantuan Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR ini sedang dalam tahap perencanaan.

Program BSPS itu meliputi rehabilitasi rumah dan pembangunan rumah yang ditujukan kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

“Insya Allah dalam waktu tiga bulan ke depan kita sudah mulai pembangunannya setelah perencanaan ini selesai, saat ini kita sedang dalam proses inventaris data-data rumah yang akan menerima bantuan,” jelas Firdaus.

Proses administrasi tersebut memerlukan banyak waktu dimana perlu adanya kelengkapan dokumen yang perlukan, seperti administrasi kepemilikan lahan, serta koordinasi dengan Kepala Desa dan masyarakat setempat.

Ia menjelaskan, program bantuan ini bersifat swakelola, artinya proses pengerjaannya dilakukan bersama kelompok masyarakat terkait.

“Nilai bantuan ini rehabnya Rp23 juta sedangkan pembangunan Rp52 juta, karena sistemnya swakelola, tenaganya dari masyarakat sendiri, jadi nilainya memang tidak sebesar harga yang ada di pasaran,” paparnya.

Heriyansyah, Teknik Tata Bangunan dan Perumahan Ahli Muda menambahkan, program ini menjadi stimulus dari pemerintah kepada masyarakat yang hendak melakukan rehab rumah.

“Melalui program ini diharapkan masyarakat tetap berswadaya untuk menambahkan, arti kata di sini Pemerintah menambahkan kekurangan masyarakat yang mau merehab rumahnya,” ujarnya.

Selain itu juga disampaikan sejumlah syarat penerima bantuan ini diantaranya masyarakat berpenghasilan rendah, memiliki legalitas lahan, sudah berkeluarga, dan lokasi titik kordinat yang jelas.

Dengan program peningkatan rumah kualitas layak huni ini, diharapkan sinergi dan sejalan dengan visi misi Bupati dalam menjadikan Tanah Bumbu sebagai Serambi Madinah.[joni]