Dispersip Kini Miliki Belasan Ribu Koleksi Buku

BATULICIN - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Tanah Bumbu (Tanbu), Kalimantan Selatan, kini telah memiliki koleksi buku 1.918 judul, dengan jumlah eksemplarnya 36.592 eksemplar. 

Tak hanya itu, perpustakaan di Bumi Bersujud ini juga memiliki koleksi buku digital berjumlah sebanyak 470 judul. Jika ditotal tercatat sebanyak 19.000. Selanjutnya 448 judul dengan jumlah eksemplar 37.422 eksemplar.

Kepala Dispersip Tanbu, Yulia Rahmadani S.Pd MM melalui Sekretarisnya, Muhammad Saleh, Jumat (21/5/2022) mengatakan, Perpustakaan kini memiliki 2 unit mobil Perpustakaan pelayanan keliling dengan melayani 12 Kecamatan ke sekolah-sekolah dengan tujuan menjangkau yang jauh dari fasilitas Perpustakaan.

Menurut Saleh, perpustakaan juga mengadakan kegiatan visitasi atau yang disebut dengan layanan bimbingan pemustakaan dengan mengundang siswa-siswi sekolah untuk berkunjung ke Perpustakaan secara bergantian.

"Juga disediakan oleh Dispersip fasilitas snack, namun sekarang belum ada kunjungan siswa sekolah mungkin karena masih ada ujian sekolah," jelasnya.

Visitasi ini, lanjutnya, dalam rangka menumbuhkan minat baca dengan cara mengundang mereka agar tahu Perpustakaan, serta memberikan gambaran dengan fasilitas supaya menarik minat mereka untuk bisa berkunjung.

"Saat ini gedung Perpustakaan sudah dilengkapi dengan studio mini yang bisa nonton film pendidikan dan bisa dimanfaatkan sebagai pertemuan dan lomba-lomba oleh sekolah, misalnya ada sekolah yang ingin minjam untuk menggelar pertemuan itu bisa saja," paparnya.

Pihaknya juga punya 3 unit Perpustakaan di luar Perpustakaan Induk. Pertama ada di Mantewe, dan kemudian 2 unit lagi ada di Pasar Minggu dengan nama Pojok Baca Digital dan Perpustakaan Mini.

"Jadi dari tahun 2020 sampai saat ini masih melakukan kunjungan untuk pembinaan-pembinaan dari 106 perpustakaan di sekolah-sekolah. Dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, sekarang Dispersip juga memilki 66 Perpustakaan di desa-desa di Bumi Bersujud," pungkas Saleh.[joni]