Legislatif - Eksekutif Barsel Sepakat Rapat Propemperda Diskors

KETUA Bapemperda DPRD Barito Selatan, H Raden Sudarto SH.| foto : tomi

BUNTOK - Rapat penyempurnaan perencanaan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Tahun 2022 digelar Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Jumat (20/5/2022).

Namun rapat bersama pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barsel ini, diputuskan diskors dan akan dibahas lagi pada Juni mendatang.
 
Usai rapat, Ketua Bapemperda, H Raden Sudarto SH menyampaikan, untuk diketahui pihaknya merupakan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang baru. 

"Artinya disesuaikan dengan tata tertib (tatib) DPRD, bahwa tiap 2 tahun sekali ada penggantian atau penggeseran anggota AKD, dan kebetulan saya dipercaya oleh kawan-kawan sebagai Ketua AKD di dalam Bapemperda maka kami telah mengadakan rapat kerja menyusun rapat kerja Banmus," terangnya.

Menurutnya, di dalam rapat tadi antara lain pihaknya mengadakan rapat dengan tim pemerintah daerah, berkaitan dengan jadwal pembahasan Peraturan Daerah yang masih tersisa ada 21.

"Dan 2 sudah diselesaikan jadi dalam penyempurnaan itu, kenapa kami ada penyempurnaan," jelasnya.

Pertama, lanjutnya, karena ada judul yang disampaikan terdahulu berbeda dan akan disempurnakan. Kedua, adanya perubahan atau penarikan rencana Raperda antara lain di Dinas PUPR.

"Contohnya ada dua yang disampaikan, perihal izin dan retribusi. Jadi itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah Dalam Negeri, kami sudah konsultasikan bahwa izin dan retribusi dijadikan satu, termasuk PDAM kami juga jadikan satu. Makanya kami adakan penyempurnaan," tuturnya.

Ia menambahkan, dalam perubahan itu pihaknya meminta supaya tim Pemkab Barsel membuat surat resmi.

"Kami sepakati tadi bahwa Raperda ini akan kami bahas ada sebanyak 19 hal yang masih belum terselesaikan, dan mulai dibahas lagi di bulan Juni 2022 mendatang. Itu PR untuk kami Anggota Bapemperda yang baru, yang jelas kami akan semaksimal mungkin untuk menyelesaikannya," pungkasnya.[tomi]