DPRD Tanbu Apresiasi Dua Insan Pengabdi Kementerian Hukum dan HAM

BATULICIN - Dua penghargaan diberikan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu (Tanbu) kepada insan pengabdi di Kementerian Hukum dan HAM, Rabu (18/5/2022).

Penghargaan itu tepatnya diberikan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan, Lilik Sujandi dan Mantan Plt Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Batulicin, Yosef Benyamin Yembise.

Apresiasi di momen Rakernis seluruh Kepala Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Lapas dan Rutan pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan di Hotel Eboni Batulicin ini, diberikan atas dukungan keduanya terhadap pengoperasian Lapas Kelas III Batulicin di Tanbu.

Penghargaan langsung diserahkan Ketua DPRD Tanbu, H Supiansyah ZA, dan disaksikan langsung Dirjen Pemasyarakatan, Reynhard Saut Poltak Silitonga.

Supiansyah mengatakan, pemberian penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi serta kepuasan terhadap kinerja mantan Plt Kalapas Batulicin Yosef Benyamin Yembise dalam upaya perintisan pengoperasian Lapas Kelas III Batulicin.

“Mantan Plt Kalapas Batulicin yang asli berdarah Papua ini kami menilai sangat layak mendapatkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas peranan serta upaya dalam merintis pertama kali pengoperasian Lapas Kelas III Batulicin,” jelasnya.

Bagaikan burung cendrawasih yang singgah di Bumi Bersujud pulau Borneo, Yosef sangat gigih dan semangat dalam bekerja membantu Pemkab Tanbu untuk pengoperasian Lapas Kelas III Batulicin ini. Atas dedikasinya itulah Pemkab Tanbu sangat merasa terbantu serta mengucapkan terima kasih.

“Dari kegigihannya bersama pegawai pemasyarakatan lainnya yang pertama kali berupaya untuk pengoperasian Lapas Kelas III Batulicin, Yosef rela tidur tanpa kasur dan bantal selama beberapa hari bersama anggota yang ditunjuk bertugas pada lapas kelas III Batulicin ini,” jelasnya.

Dengan beroperasinya Lapas Kelas III Batulicin, tentunya masyarakat Tanbu sangat terbantu agar keluarga pembesuk warga binaan tidak lagi harus menyeberang ke Kotabaru untuk membesuk serta tidak perlu banyak mengeluarkan biaya dan hemat waktu.

Ia berharap dengan memberikan penghargaan ini dapat menjadi contoh pegawai pemasyarakatan yang lainnya dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.

“Semoga mantan Plt Kalapas Kelas III Batulicin dan keluarga selalu tetap semangat dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dan diberikan kesehatan serta perlindungan oleh yang maha kuasa kapan dan di manapun dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat,” harapnya.

Usai menerima penghargaan, Yosef mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Pemkab Tanbu untuk menerima penghargaan tersebut.

Ia mengaku kalau yang dilakukannya selama ini tidak pernah mengharapkan pujian apapun, melainkan memang niat tulus dan ikhlas untuk mengabdi kepada Bangsa dan Negara serta memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Bumi Bersujud.

"Dengan pengabdian serta memberikan pelayanan terbaik ini dapat mengedukasi kerabat saya berada di Papua sana, bahwa orang Papua itu bisa bekerja dan diterima oleh masyarakat Indonesia di manapun bertugas," pungkasnya.