Migrasi Siaran Digital di Kalsel Dibagi Dua Tahap

BANJARMASIN – Pemerintah Indonesia tengah merencanakan migrasi atau pengalihan siaran dari televisi analog ke televisi digital atau analog switch off (ASO) serentak pada 2 November 2022.

Pengalihan siaran dari televisi analog ke digital di wilayah Kalsel dibagi dua tahap, yakni tahap pertama pada 30 April 2022 dan tahap dua pada 25 Agustus 2022.

Dilansir dari laman https://siarandigital.kominfo.go.id, migrasi tahap pertama pada 30 April 2022 akan dilaksanakan di wilayah Kalsel 2, meliputi Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara dan Balangan.

Kemudian di wilayah Kalsel 3 yakni Kabupaten Kotabaru dan wilayah 4, Kabupaten Tabalong.

Sedangkan tahap 2 pada 25 Agustus 2022 akan dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut, Banjar, Barito Kuala, Kota Banjarmasin dan Banjarbaru.

Namun, masyarakat masih bisa menikmati tayangan analog, mengingat migrasi atau pengalihan televisi digital dilaksanakan secara multiphase, namun sangat dianjurkan untuk mulai merubah tangkapan sinyal antenna di rumah dari siaran analog ke digital.

Apalagi siaran televisi digital menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi akan menghadirkan kualitas gambar yang lebih bersih, suara yang lebih jernih dan canggih teknologinya bagi masyarakat Indonesia.

Salah seorang warga Tanjung, Kabupaten Tabalong, Aminuddin mengaku tidak mengenal siaran digital, karena masyarakat di Tabalong lebih banyak menggunakan TV kabel atau tv berbayar untuk menonton siaran yang ditayangkan.

“Dari dulu, kita menggunakan televisi berbayar, belum pernah menggunakan antena biasa untuk menerima siaran televisi,” kata warga di kabupaten yang berada 248,1 kilometer dari Kota Banjarmasin, Sabtu (28/5/2022).

Sebagai informasi, ASO Tahap 1 yang diterapkan pada 30 April lalu baru dilakukan di delapan kabupaten/kota dari 166 kabupaten/kota yang telah ditetapkan.

Delapan kabupaten/kota yang dimaksud, yaitu Riau (Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Kepulauan Meranti), Nusa Tenggara Timur (Kabupaten Timur Tengah Utara, Kabupaten Belu, Kabupaten Malaka), dan Papua Barat (Kota Sorong, Kabupaten Sorong).

Saat ini, Kominfo beserta penyelenggara multipleksing (mux) telah memperluas jangkauan siaran TV digital dari delapan kabupaten/kota menjadi 20 kabupaten/kota, termasuk Kalsel.[ana]