Sukseskan Imunisasi Anak, Pemkab Kapuas Canangkan BIAN 2022

KEGIATAN pencanangan BIAN di Kapuas.| foto : diskominfo

KUALA KAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas siap mensukseskan program imunisasi anak. Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional tahun 2022  Kabupaten Kapuas telah dilaksanakan di TK/PAUD Katolik Santo Paulus, Jalan Pilau Kuala Kapuas, Sabtu 21 Mei 2022.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, Drs Salman atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan dukungan akan suksesnya pelaksanaan BIAN di wilayah Kabupaten Kapuas untuk anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun.

“Kepada para orang tua, ayo sukseskan pelaksanaan imunisasi untuk anak-anak dengan membawa ke fasilitas kesehatan, Klinik, Bidan Praktek Mandiri dan Posyandu maupun Pos Imunisasi terdekat,” kata Salman, Senin (23/5/2022).

Sebab, peran orang tua sangat penting dalam mensukseskan pelaksanaan imunisasi karena dengan anak sudah menerima imunisasi, maka dapat mencegah kesakitan maupun kecacatan akibat penyakit seperti campak, polio, rubela, hepatitis B dan berbagai penyakit lainnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, dr H Tri Setyautami mengatakan, pelaksanaan BIAN ini berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Hal ini dikarenakan dengan adanya wabah pandemi, maka banyak anak-anak yang belum melakukan imunisasi.

“Karena itulah pemerintah menilai sudah saatnya untuk dilaksanakan bulan imunisasi bagi anak secara nasional, karena dapat mencegah dari berbagai penyakit yang ada hingga saat ini seperti campak dan rubela,” terangnya.

Selama pencanangan BIAN diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi.[adv/tommy]