Pencanangan BIAN di Tanbu, Ini Harapan Bupati Zairullah untuk Masa Depan Anak

Pencanangan BIAN di Tanbu, Ini Harapan Bupati Zairullah untuk Masa Depan Anak

DIDAMPINGI Ketua TP PKK, Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar mencanangkan BIAN di Desa Sungai Dua.| foto : joni

BATULICIN - Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di Posyandu Permata Hati, Desa Sungai Dua, Kecamatan Simpang Empat, Senin ( 23/5/2022).

Pencanangan BIAN ini langsung dilakukan Bupati Tanbu, HM Zairullah Azhar. Tampak hadir mendampingi Bupati, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tanbu, Hj Wahyu Windarti, Sekda Tanbu, H Ambo Sakka, Forkopimda serta seluruh Camat di Tanbu.

Bupati Zairullah dalam sambutannya mengatakan, imunisasi yang dilaksanakan ini memiliki tujuan yang penting, karena imunisasi anak adalah bagian dari upaya memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan anak, khususnya di bidang kesehatan.

"Selama 2 tahun ini kita fokus pada Covid-19, kemudian hari ini dimulai lagi kegiatan imunisasi sebagai upaya maksimal pencegahan penyakit, khususnya hari-hari ini beberapa negara dihadapkan dengan penyakit yang menyerang anak-anak," terang Zairullah.

Tanbu kini memiliki konsep ke depan, yaitu mewariskan anak-anak tangguh yang memiliki kekuatan lahir dan batin juga kekuatan mental spiritual.

"Warisan yang akan kita berikan untuk Tanbu ini adalah mewariskan anak-anak yang pintar-pintar, cerdas, dan ini sejalan dan terkoordinasi dengan gerakan-gerakan di bidang yang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, dan keagamaan," tuturnya.

Zairullah berharap anak-anak di Tanbu, bisa menghafal Alquran minimal 3 juz, anak SMP hafal Alquran 5 juz, dan seterusnya. Lebih-lebih mereka hafal 30 juz.

Ia juga ingin masjid-masjid atau sarana ibadah di Bumi Bersujud bersih, terang dengan lampu, dan karpet yang bagus, sehingga anak-anak senang ke masjid.

"Mereka mau beribadah dan belajar di masjid. Jika ini terjadi, maka akan ada hal luar biasa yang akan terjadi di Tanah Bumbu," yakin tokoh yang kini akrab disapa Abah Zairullah ini.

Sementara itu, Kepala Dinkes Tanbu, H Setia Budi mengatakan, kegiatan ini sesuai arahan petunjuk Menkes, di mana di bulan Mei 2022 ini dilaksanakan vaksinasi BIAN. Ini dilakukan untuk mencapai target yang belum tercapai di tahun 2020-2021.

"Maka secara serempak kita laksanakan di Kabupaten Tanah Bumbu yang dicanangkan oleh Bupati, HM Zairullah Azhar," terang Budi.

Dalam pencanangan BIAN ini ada sekitar 100 anak yang divaksin polio dan lainnya, sebagai langkah pencegahan penyakit. 

"Dengan pencanangan ini, kita berharap vaksinasi di Kabupaten Tanah Bumbu menjadi terobosan, walaupun vaksinasi Covid-19 kita tetap melaksanakannya di masing-masing Puskesmas di Tanah Bumbu," pungkasnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama