Anggaran Multiyears, Satui bakal Miliki Rumah Sakit Tipe D

BATULICIN - Jika tidak ada aral, Rumah Sakit (RS) tipe D bakal dibangun Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) di wilayah Desa Al Kautsar, Kecamatan Satui.

Rencana pembangunan RS ini diungkapkan Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Tanbu, Amruddin, Rabu (29/6/2022).

"Itu kemarin targetnya di tahun 2022 kita laksanakan. Tapi anggaran pembangunannya kurang, sehingga diover ke 2023-2024, jadi multiyears, kira-kira anggarannya lebih besar dari pada Puskesmas di Angsana," ungkapnya.

Menurut Amruddin, Pemkab Tanbu akan membangun RS itu dengan sistem multiyears 2023-2024 dengan anggaran kurang lebih Rp40 miliar. 

"Pembangunan RS di Satui itu tipe D, artinya di atas pembangunan Puskesmas sedikit," jelasnya.

Selain Rumah sakit, Amruddin juga menyebut jika Pemkab Tanbu sudah melakukan perencanaan pembanguan revitalisasi Pantai Pagatan di Desa Sungai Lembu, Kecamatan Kusan Hilir.

"Pembangunannya dari depan Hotel Madina sampai jembatan besi perbatasan Desa Beringin. Setelah itu, menyeberang sebelah kiri dekat pantai. Bila kita arah ke Banjarmasin sebelah kiri terakhirnya," papar Amruddin.

Jadi, lanjutnya, pembangunan revitalisasi Pantai Pagatan itu sementara perencanaannya disusun di tahun 2022. 

"Sedangkan di tahun 2023 itu fisiknya," pungkasnya.[joni]