Menyimak Kisah Haru Jaket Biru, Atlet Bartim di Popprov Kalteng 2022

YELSI Meilani, atlet lompat tinggi Bartim raih medali emas di Popprov Kalteng 2022.| foto: istimewa

TAMIANG LAYANG - Dengan segala keterbatasan fasilitas pendukung terhadap para atlet asal Kabupaten Barito Timur (Bartim) yang berlaga di Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Popprov) Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022, tak memudarkan semangat juangnya untuk mengharumkan nama daerahnya.

Itu dibuktikan dengan diraihnya beberapa medali dari berbagai cabang olahraga (cabor) pada Popprov 2022 yang digelar di Kota Palangka Raya ini.

"Pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 ini, untuk cabang atletik yang berakhir pada Rabu 29 Juni 2022 kemarin, altet kita berhasil memboyong 11 medali, yakni 3 medali emas, 5 perak dan 3 perunggu," ungkap Ketua Umum Pengurus Kabupaten Persatuan Atletik Seluruh Indonesia Bartim, H Surya Ahmadi, Kamis (30/6/2022).

Dengan fasilitas dan pendanaan yang minim itu tidak sedikitpun menggoyahkan mental para atlet cabang atletik asal Kabupaten Bartim tersebut dengan berhasil meraih 11 medali.

Sorak kegembiraan dari para atlet kontingen Bartim atas raihan beberapa medali pada Popprov Kalteng 2022 itu.

Dibalik kegembiraan tersebut, terdapat kisah yang sangat mengharukan dengan "Jaket Biru" yang dikenakan atlet asal Gumi Jari Janang Kalalawah itu diatas pudium ketika menerima medali.

Jaket berwarna biru yang dipakai atlet Bartim dari cabang atletik  saat naik ke podium untuk menerima medali di Popprov Kalteng 2022 tersebut hanya dua lembar yang dipakai secara bergantian.

"Jaket berwarna biru yang dipakai atlet dari cabang atletik naik ke pudium untuk menerima medali ini hanya ada dua lembar. Ditengah orang banyak atlet harus melepas lagi jaket yang dipakai lalu dipasang kembali ke atlet yang lain ketika mau naik ke podium," katanya.

Sebenarnya, ungkapnya, pakaian yang dipakai atlet ketika naik podium itu dengan pakaian lengkap kontingen. 

"Kami dari cabang atletik tidak mempunyai itugak, baju tanding saja kami cabor yang memikirkan" imbuhnnya.

Sebagai pengurus cabor atletik, dirinya tetap berjuang dan bekerja keras untuk memberi dukungan serta semangat untuk para atlet agar bisa bertanding dengan sebatas kemampuan yang dimiliki.

"Ada beberapa tim cabor yang mendanai secara patungan untuk memfasilitasi kegiatan yang saat ini berlangsung," terangnya.

Dirinya, berharap kondisi itu menjadi pengalaman berharga agar kedepannya para atlet yang membawa nama Bartim lebih diperhatikan dan didukung secara maksimal oleh Pemerintah Daerah setempat dengan alokasi anggaran.

Selain itu, Pemkab Bartim diharapkan untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk para atlet berlatih, khusus untuk lompat jauh dan lompat tinggi.

"Selama ini fasilitas untuk berlatih atlet cabor atletik ini kita minjam. Kami berharap Pemerintah Kabupaten Barito Timur dapat menyediakan sarana dan prasarana untuk atlet berlatih kalau ingin atlet kita ini maju dan mengharumkan nama daerah," tukasnya.

Diketahui, perolehan medali sementara pada Popprov 2022 pertanggal 29 Juni 2022 atau pada hari kedua event itu berlangsung, Bartim berada di posisi kedua dengan total 22 meraih medali, diantaranya 8 emas, 7 perak dan 7 perunggu.[yovan]