Dinkes Beri Edukasi Keamanan Pangan kepada Pelaku Usaha IRTP di Kapuas

PENYULUHAN keamanan pangan kepada pelaku usaha IRTP oleh Dinkes Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas melalui Bidang Sumber Daya Kesehatan Seksi Farmasi bekerjasama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) setempat melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan penyuluhan keamanan pangan kepada para pelaku usaha industri rumah tangga pangan (IRTP) yang ada di Kuala Kapuas, digelar di aula Hotel Al Madani, Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas, Senin 13 Juni 2022.

Kegiatan itu juga sebagai bentuk edukasi pemerintah kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam memilih pangan yang aman dikonsumsi.

Kegiatan dibuka Plt Kepala Dinkes Kapuas de Hj Tri Setyautami didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan, Widjiati.

"Tujuan umum dari pelaksananaan kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendukung daerah dalam pelaksanaan pembangunan bidang kesehatan dalam rangka mewujudkan keamanan pangan," kata Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Hj Tri Setyautami, Selasa (14/6/2022).

Kemudian, secara khusus kegiatan itu memberikan informasi tentang keamanan pangan dan bagaimana cara mengelola makanan yang aman, higienis dan bertanggung jawab terhadap keselamatan konsumen.

"Jadi melalui Bimtek tersebut juga untuk meningkatkan pengetahuan dan keperdulian pedagang atau penyedia makanan terhadap keamanan pangan," terangnya.

Sehingga pangan arau makanan yang dihasilkan atau dijual aman, bergizi dan bermanfaat.

Dijelaskannya, dari Bimtek tersebut akan dilakukan penerbitan sertifikat penyuluhan keamanan pangan dan sertifikat produksi Pangan-Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang memenuhi sarat. 

Melalui Bimtek dan penyuluhan itu diharapkan menjadi bagian dalam mewujudkan gerakan keamanan pangan di masyarakat. Dengan konsumsi pangan yang aman dan tepat, bakal menghasilkan generasi yang cerdas dan sehat.[tm/adv]