Lepas Keberangkatan Calon Haji, Wabup Bartim Sampaikan Pesan Penting

TAMIANG LAYANG - Wakil Bupati Barito Timur (Bartim), Habib Said Abdul Saleh, resmi melepas keberangkatan 26 jemaah calon haji asal Bartim, Kalimantan Tengah, Sabtu (18/6/2022) di halaman Kantor Bupati, Tamiang Layang.

Rombongan jemaah haji ini diberangkatkan menuju Asrama Haji Syamsudin Noor Banjarmasin, untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju Arab Saudi pukul 18.20 Wita keesokan harinya.

Wabup mengatakan, pemberangkatan jemaah calon haji ini patut disyukuri karena pada tahun 2020 dan 2021 dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan dan kesehatan seluruh jemaah, akibat situasi pandemi Covid-19 yang belum kondusif. 

"Penyelenggaraan ibadah haji pada saat itu hanya dilakukan oleh warga yang berdomisili di Arab Saudi saja, dengan kuota yang sangat terbatas," jelasnya.

Ia juga mengingatkan bahwa perjalanan ke tanah suci Mekkah bukan perjalanan biasa, melainkan perjalanan untuk beribadah. 

Menurut orang nomor 2 di Bumi Jari Janang Kalalawah ini, jemaah haji perlu mengetahui bahwa untuk menjamin agar prosesi ibadah haji terlaksana dengan baik, perlu ditunjang oleh fisik, mental dan kesehatan yang memadai.

"Selain itu diperlukan strategi pengelolaan waktu dan kegiatan, agar energi dan stamina tidak terforsir sebelum waktunya yang dapat mengakibatkan kondisi kesehatan dan mental menurun pada saat rangkaian kegiatan ibadah mencapai puncaknya," terang Wabup.

Seraya membacakan sambutan, dirinya menyampaikan, atas nama pemerintah juga seluruh masyarakat Barito Timur, agar jemaah calon haji dapat memantapkan kembali niat dalam diri masing-masing bahwa perjalanan yang dilakukan adalah perjalanan rohani yang mempunyai nilai ibadah sehingga harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

"Tanamkan rasa kebersamaan, persaudaraan, kekompakan dan kekeluargaan, saling bantu membantu baik antar sesama anggota regu, rombongan bahkan terhadap seluruh jamaah haji, karena selama hampir 40 hari bapak/ibu akan berinteraksi, berkomunikasi dan berdomisili di Arab Saudi yang mempunyai tujuan yang sama yaitu melaksanakan ibadah haji dan mengharap ridha Allah Subhanahu wa ta'ala," harap Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Ia juga berpesan untuk meningkatkan kesabaran, kestabilan emosi dan menjaga kondisi kesehatan, karena dengan berkumpulnya berjuta-juta orang yang berlainan karakter, watak dan kultur budaya, dapat menimbulkan pengaruh terhadap kejiwaan jamaah haji itu sendiri.

"Taati segala peraturan yang berlaku di Arab Saudi, karena segala tindak tanduk kita disana akan mewakili bangsa Indonesia secara keseluruhan, jaga nama baik kabupaten," tandasnya.

Pada kegiatan pelepasan keberangkatan jemaah calon haji juga dihadiri oleh Kapolres Barito Timur, Kepala Kantor Kemenag Barito Timur, Sekda, Asisten I Sekda, Kabag Kesra, Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag serta keluarga jemaah calon haji.[yovan]