PBS di Kapuas Diminta Berkontribusi Sejahterakan Masyarakat

RAKOR evaluasi PBS di Kabupaten Kapuas.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Kehadiran investasi seperti Perusahaan Besar Swasta (PBS) 
jangan hanya mengejar keuntungan, tetapi juga harus memberikan manfaat kontribusi menyejahterakan masyarakat.

Pada rapat evaluasi PBS di aula Kantor Bappeda Kapuas, Kamis 16 Juni 2022 Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat menegaskan agar PBS yang beroperasi di dapat berkontribusi dalam membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

"Ibaratkan kita ini dalam satu perahu, Pemerintah Daerah dan PBS sudah tentu harus bekerjasama dalam menyejahterakan masyarakat, terlebih di lokasi dimana PBS ini beroperasi," kata Ben, dikutip dari stus Diskominfo Kapuas, Sabtu (18/6/2022).

Bupati ingin masyarakat disekitar lokasi perusahaan dapat ikut terlibat dalam berbagai kegiatan perusahaan, sehingga dapat memajukan kesejahteraan dan perkembangan wilayah setempat. 

"Kami harap juga perusahaan dapat menyelesaikan berbagai perizinan yang diminta oleh Pemerintah Daerah dan juga mendukung berbagai program yang sudah ditetapkan," tandasnya.

Semetara, Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor menambahkan, PBS yang beroperasi di Kabupaten Kapuas agar turut andil dalam pembangunan di wilayah setempat.

"Bahkan kalau bisa, perusahaan juga menyediakan beasiswa untuk anak-anak kurang mampu yang ingin bersekolah di Perguruan Tinggi, sehingga dengan adanya kontribusi ini diharapkan dapat meningkatkan SDM di Kabupaten Kapuas," harap Nafiah.

Dalam rapat itu, Plt Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kapuas, Pangeran S Pandiangan menambahkan, ada beberapa progress perizinan yang harus dilaksanakan oleh PBS, di antaranya izin lokasi, izin usaha perkebunan dan industri pengolahan, hak guna usaha serta plasma atau kemitraan.

“kepada Perkebunan Besar Swasta yang beroperasi di Kabupaten Kapuas diharapkan juga untuk membantu masyarakat sekitar sesuai sumberdaya yang dimiliki,” kata Pangeran.[adv/tm]