Pertamina Beri Bantuan Motor Sampah kepada Pemprov Kalsel


BANJARMASIN - PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui Integrated Terminal Banjarmasin dan DPPU Syamsudin Noor, mendukung program pemerintah dalam bidang lingkungan. 

Kali ini, Pertamina bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan melalui Partnership Program untuk penanganan masalah sampah di Jalan Protokol Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru.  

Kerjasama diwujudkan dengan memberikan bantuan dua buah motor sampah roda 3 yang diserahkan langsung kepada Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dengan disaksikan oleh Gubernur Kalimantan Selatan H. Sahbirin Noor, Danrem 101 Antasari, Kapolda Kalsel dan forkompinda serta perwakilan masyarakat pada Puncak Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Selasa (7/6/2022).

Mewakili Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Manager Banjarmasin, Titon Srihardian menyampaikan, semoga bantuan 2 unit motor sampah dapat memberikan support dan membantu untuk program Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan dalam mengatasi permasalahan angkutan sampah.  

"Permasalahan lingkungan di Kalimantan Selatan khususnya di Banjarmasin dan Banjarbaru adalah sampah, maka dari itu kami support pemberian motor sampah agar lebih fleksibel dan lebih cepat dalam penanganan sampah dari warga sehingga dapat dikumpulkan ke tempat pembuangan sampah (TPS),” tuturnya.

Bantuan ini nantinya dioperasionalkan dalam Program Sungai Martapura Asri 2022 untuk Pemerintah Desa Murung Kenanga dan Desa Sungai Rangas Ulu di Kabupaten Banjar, sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi timbunan sampah di jalan Protokol Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). 

Bertempat di halaman Sekretrariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengapresiasi perusahaan yang sudah mendukung kegiatan Pemprov Kalsel. 

“Pada Puncak Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, saya mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengapresiasi dukungan Perusahaan yang telah mendukung Partnership Program ini untuk pengelolaan lingkungan hidup di Kalimantan Selatan serta saya berharap momen ini bukan hanya seremonial belaka namun menjadi prioritas kegiatan yang terus berkelanjutan,” ungkap Sahbirin Noor.

Di satu sisi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Selatan Hanifah Dwi Nirwana,  mengucapkan terima kasih atas dukungan dari perusahaan di wilayah Provinsi Kalsel.

“Melalui Partnership Program ini kami berharap dalam jangka pendek jalur-jalur proktol Kota Banjarmasin-Kota Banjarbaru dapat terbebas dari sampah dan bagi perusahaan yang telah mendukung program ini saya ucapkan terima kasih banyak semoga bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan hidup di Provinsi Kalimantan Selatan”. Ujar Hanifah.
 
“Bantuan motor sampah roda 3 yang telah diserahkan akan sangat bermanfaat bagi masyarakat dan saya mengucapkan terima kasih atas dukungan perusahaan untuk desa kami,” Ujar Kepala Desa Murung Kenanga, Mahfudz mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan bagi masyarakatnya.

Di lokasi terpisah, Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Susanto August Satria menyampaikan, program ini merupakan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan dalam mendukung program Pemerintah untuk mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan no. 11 tentang Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan dan nomor 17 tentang Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

"Bantuan fasilitas pengangkut sampah ini diharapkan dapat membantu pengurangan volume sampah yang tidak terangkut ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS)," ucap Satria.[rilis]