Unik, Pimpinan Legislatif Tanbu Ini Mencoba Kopiah Akar Pinang

Unik, Pimpinan Legislatif Tanbu Ini Mencoba Kopiah Akar Pinang

BATULICIN - Kopiah terbuat dari akar pinang yang dipajang di pameran produk berbasis pertanian, tampak menarik perhatian Wakil Wakil Ketua l DPRD Tanah Bumbu (Tanbu), Said Ismail, Kholil Alydrus, Senin (20/6/2022).

Bersama Dandim 1022/Tanbu, Letkol CPN Rahmat Trianto, Ia pun mencoba memakai kopiah yang dipamerkan di halaman SMKN 1 Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat tersebut.

Pameran yang dihajat SMKN 1 Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu ini sendiri dilaksanakan selama dua hari, mulai 20 hingga 21 Juni 2022.

Menurut Said Ismail, pameran produk berbasis pertanian yang merupakan hasil kerajinan dari sejumlah SMKN di Tanbu ini tentu harus diapresiasi. Pameran ini tentu juga akan membuka wawasan anak-anak.

"Yang paling menarik di pameran ini ada biodiesel PT JAR yang dipamerkan. Ini membuka wawasan anak-anak. Kami juga mengapresiasi PT. JAR yang cukup luar biasa dalam jemput bola anak-anak dari magang setiap tahunnya ada 30 orang," paparnya.

Ia mengatakan, dengan adanya Expo di SMKN 1 Simpang Empat ini masyarakat bisa membuka wawasan untuk anak-anak milenial, di mana turut menginformasikan bahwa bertani itu bisa sukses dengan cara belajar.

Ia berharap di tahun-tahun akan datang, acara seperti ini dilaksanakan bahkan tidak hanya dua hari. 

"Kalau perlu satu minggu. Kalaupun ada kendala, pihak sekolah bisa kolaborasi dengan pemerintah daerah, walaupun ranahnya SMK ini adalah provinsi. Apalagi Pameran ini diperuntukan untuk masyarakat di sini, jadi sudah kewajiban pemerintah daerah untuk membantu," terang Said Ismail.

Semetara itu, Wakil Kepala SMKN 1 Simpang Empat Bidang Humas/HI, Muhammad Ali mengatakan, dengan adanya Expo ini menjadi wawasan tentunya buat masyarakat umum, khususnya anak-anak SMP sederajat.

"Ini juga agar mereka saat lulus nanti bisa bergabung di sekolah kami, untuk memilih jurusan pertanian," imbuhnya.

Sesuai program daerah akan dikembangkan sektor Industri Pertanian. Untuk pameran kali ini, SMKN 1 Simpang Empat bekerjasama dengan program YESS dari Kementerian Pertanian.

"Yang dipamerkan di sini, kita bersama mitra kerja dari sekolah rekanan kita, SMK Pertanian serta ada dari Industri Perusahaan bidang pertanian seperti PT KAM, Jhonlin Group, PT JAR dan ada UMKM, seperti perkebunan Bonsai Irigasi Tanbu serta yang lainnya," bebernya.

Jadi, lanjutnya, masyarakat yang ingin tahu informasi produk pertanian bisa datang ke pameran ini secara gratis. 

"Jangan ragu, jangan sungkan, silahkan datang ke SMKN 1 Simpang Empat Jalan Transmigrasi KM 7 Desa Sarigadung, Kecamatan Simpang Empat," pungkasnya.[joni]


Lebih baru Lebih lama