Wakil Rakyat Kalsel Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

PIMPINAN dan anggota DPRD Kalsel mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas, yang diselenggarakan PPSDM Yogyakarta.| foto : ana

YOGYAKARTA – Pimpinan dan anggota DPRD Kalsel mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas, hasil kerjasama Sekretariat DPRD Kalsel dengan Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Regional Yogyakarta.

“Kita harapkan Bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan serta kinerha anggota DPRD Kalsel ke depan,” kata Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin, saat pembukaan Bimtek, Selasa (28/6/2022) sore, di Yogyakarta.

Menurut Bang Dhin, panggilan akrab M Syaripuddin, peningkatan pengetahuan dan wawasan ini diperlukan dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat di DPRD Kalsel.

“Apalagi berbagai materi yang disiapkan, saya lihat semuanya bagus-bagus, kita berharap bisa diikuti dan dijalankan dengan baik ke depannya,” tambah politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Kepala Pusat II BPSDM Kemendagri, Dr Rochayati Basra menekankan, tiga hal penting terkait pemimpin, yakni pemimpin harus punya konsep, harus punya power (kekuatan) dan follower (pengikut).

“Wakil rakyat adalah pemimpin. Pemimpin harus punya konsep, punya power, dan follower. Kalau tidak memiliki yang tiga ini tidak mungkin bapak ibu ada disini sekarang,” katanya.  

Di samping itu, wanita yang biasa dipanggil Roro Khasan ini menambahkan, setiap anggota dewan harus punya mentalitas, prinsip, dan integritas. Ini yang sangat penting.

Roro berharap, kegiatan bimtek ini juga dapat meningkatkan pemahaman anggota dewan akan tugas dan fungsinya sehingga bisa mengimbangi eksekutif.

Sementara itu, Plt  Sekretaris DPRD Kalsel, Muhammad Zaini mengatakan, pelaksanaan bimtek ini berdasarkan rencana kerja DPRD Kalsel 2022, yang bertujuan meningkatkan kapasitas anggota DPRD Kalsel dalam hal penanganan tugas dan kewenangannya.

Bimtek dilaksanakan selama empat hari dari 27 sampai 30 Juni 2022 di El Hotel Royale Yogyakarta, dengan materi antara lain, Reformasi Birokrasi Indonesia dan Meneguhkan Integritas oleh Roro Khasan dari BPSDM Kemendagri, dan Kebijakan Pengembangan SDM Penyelenggara Pemerintah Daerah oleh Kepala PPSDM Yogyakarta Ir R Agus Iriawan MP.[lyn]