Disdikbud Monitoring dan Verifikasi Balai Adat di Balangan

DINAS Pendidikan dan Kebudayaan melakukan monitoring Balai Adat.| foto : martino

PARINGIN - Balai Adat merupakan sebuah tempat untuk melaksanakan kegiatan keagamaan atau ritual bagi masyarakat adat Dayak.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Balangan melakukan monitoring dan verifikasi terkait penerima dana hibah di Kecamatan Halong, Selasa (12/7/2022).

Ada 19 balai adat di tahun 2022 ini mendapat bantuan hibah yang direkomendasikan Bupati Balangan melalui bidang Kesra.

Dalam pelaksanaannya, hibah ini dilimpahkan ke Disdikbud Kabupaten Balangan melalui bidang kebudayaan.

Kasi Bidang Sejarah dan Tradisi Disdikbud Balangan Halianor menjelasakan, verifikasi ini merupakan tahapan dalam proses hibah.

“Upaya ini dilakukan untuk memvalidasi dokumen pengajuan hibah dan melihat langsung keberadaan Balai Adat yang ada,” ujarnya.

Setelah proses verifikasi administrasi dan lapangan dilakukan, tahap selanjutnya adalah proses persiapan kelengkapan administrasi hibah.

“Dalam hal ini semua hibah berbentuk hibah uang yang diusulkan untuk berbagai keperluan pendukung sarana prasarana di masing masing balai adat,” ujarnya.

Halianor menerangkan, setelah proses hibah dilaksanakan, masing-masing balai adat akan membelanjakan hibah uang tersebut sesuai RAB atau kebutuhan yang diajukan dan mempertanggungjawabkannya.

“Dan pada tahap akhir adalah monitoring hasil pelaksanaan kegiatan oleh disdikbud terkait pemanfaatan dan ketepatan sasaran atas hibah yang diberikan,” pungkas Halianor.[martino]