Kabar dari Mekah, Begini Kondisi Terkini Jamaah Haji Asal Kabupaten Kapuas

JAMAAH Kabupaten Kapuas di Masjidil Haram Mekah usai melaksanakan Salat Dzuhur berjamah.| foto : gusti

KUALA KAPUAS - Seluruh jamaah haji asal Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, yang tiba di Tanah Suci Mekah Senin 20 Juni 2022 lalu, saat ini tengah menjalani tahapan prosesi ibadah.

Syarif Azhari Ketua rombongan 1 kloter 6 Banjarmasin, berkesempatan menyampaikan aktivitas dan kondisi terkini jamaah haji Kapuas.

Menurutnya, di sela waktu luang jamaah Kapuas mendapatkan pengarahan manasik terakhir terkait rangkaian haji di Arafah, Muzdalifah dan Mina yang dipandu Ketua Kloter 6  Rahmat Fauzi dan pembimbing ibadah haji H Muhdianor Hadi dari kloter 6 Banjarmasin.

"Untuk konsumsi yang diberikan pada jamaah tiga kali sehari dan Alhamdulillah menunya disesuaikan dengan lidah indonesia, seperti lauknya ikan patin, daging dan telor," katanya melalui pesan aplikasi, Jumat (1/7/2022).

Ia menuturkan, saat ini secara umum kondisi jamaah dalam keadaan sehat walafiat namun ada beberapa jamah yang terserang flu.

"Sakit yang didominasi jamaah adalah flu serta batuk, kemungkinan kelelahan saja, memang cuaca dikota Makkah rata-rata 45  sampai 50 derajat," katanya.

Sambil menunggu puncak haji, jamaah juga melakukan amalan sunah lain seperti melaksanakan umrah sunah, salat 5 waktu di Masjidilharam, ziarah lokal, pengajian dan lain-lain.

Sementara, Gusti Mahfuz selaku Ketua regu 2 jamaah haji kloter 6 Banjarmasin menambahkan penginapan yang ditempati jamaah relatif nyaman yaitu di hotel Al Kiswah Tower Mekah.

"Jarak penginapan ke Masjidil Haram kira-kira 1,5 km dan ada fasilitas antar jemput bus, kami juga mohon doanya semoga diberikan kesehatan dan dimudahkan dalam melaksanakan puncak haji nanti pada tanggal 9-13 Dzuhijjah nanti dan mendapatkan predikat haji mabrur," pungkasnya.[zulkifli]