Peringati 2 Hari Bersejarah, Pemkab Bartim Gelar Expo

Peringati 2 Hari Bersejarah, Pemkab Bartim Gelar Expo

KETUA Panitia Penyelenggara Hari Jadi ke -20 Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar saat meninjau persiapan Expo Bartim 2022, di Jalan Patianom.| foto : yovan

TAMIANG LAYANG - Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) sekaligus Hari Jadi ke-20 Kabupaten Barito Timur, Pemerintah Kabupaten Barito Timur menggelar Expo Bartim 2022.

Expo ini dipusatkan di Jalan Patianom, Tamiang Layang dan diselenggarakan mulai 20 Juli hingga 9 Agustus 2022. Event ini secara resmi akan dibuka Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas, Rabu (20/7/2022) sekira pukul 16.00 WIB.

Dikutip dari Multimedia Center (MMC) Bartim, Ketua Panitia Penyelenggara Hari Jadi ke -20 Kabupaten Barito Timur, Panahan Moetar SE M.Si menjelaskan, dalam Expo Bartim 2022 ini, Pemkab Bartim lebih menonjolkan UMKM dan pedagang kaki lima.

Pasalnya, selama kurang lebih 2 tahun UMKM dan pedagang kaki lima di wilayah Kabupaten Barito Timur mengalami kesulitan karena dilanda pandemi Covid-19.
 
“Expo Bartim 2022 ini dimeriahkan bazzar dan pameran ekonomi kerakyatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan ada geliat dan ada semangat pelaku UMKM dan pedagang kaki lima di Barito timur untuk bangkit kembali dari keterpurukan,” jelas Panahan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur ini mengatakan, selain menyelenggarakan Expo Bartim 2022, masih dalam rangkaian Hari Jadi ke-20 Kabupaten Barito Timur, Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga akan menggelar acara Nansarunai Jajaka dan hajatan Bontang di Barito Timur. 

“Semua rangkaian kegiatan ini kami tujukan untuk membangkitkan kembali ekonomi kerakyatan melalui UMKM dan pedagang kaki lima di Barito Timur yang kita cintai ini,” tutupnya. 

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Timur sudah ada 30 UMKM dan pedagang kaki lima yang ambil bagian dalam kegiatan bazzar. Jumlah inipun bisa bertambah lantaran masih ada pelaku UMKM dan pedagang kaki lima yang mau ikut mengisi kegiatan tersebut.

Selain menghadirkan produk-produk UMKM dan Pedangan Kaki Lima, kegiatan Expo Bartim 2022 ini juga menampilkan stand-stand yang diisi oleh SKPD dan Kecamatan se Kabupaten Barito Timur. Dalam stand tersebut SKPD dan Kecamatan akan menampilkan hasil kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Barito Timur.

Beberapa OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat akan memberikan pelayanan di lokasi Expo Bartim 2022. Karena itu rugi bagi masyarakat Kabupaten Barito Timur yang tidak menyaksikan kegiatan Expo Bartim tahun ini.[yovan]


Lebih baru Lebih lama