Puluhan Mahasiswa Australia Kunjungi Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang

Puluhan Mahasiswa Australia Kunjungi Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang

MAHASISWA asal Australia mengunjungi objek wisata Racah Mapulang.| foto : martino

PARINGIN - Objek Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang, Desa Balida, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan kedatangan mahasiswa dari Australia, Kamis (14/7/2022).

Kedatangan 20 orang mahasiswa dan dua profesor dari Australia serta puluhan mahasiswa dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin tersebut disambut antusias warga yang ingin melihat dan berswafoto bersama mahasiswa asing ini.

Mahasiswa asal Australia dan pengunjung yang hadir disuguhkan berbagai pertunjukan dari tarian, Madihin, Kuntau serta Kuda Gepang.

Pada kegiatan tersebut juga dijual berbagai kerajinan, serta makanan dan minuman tradisional kepada turis dan pengunjung dengan menggunakan racah yang terbuat dari bambu untuk transaksi jual belinya.

Saat ditemui awak media, salah seorang penjual kue tradisional, Halimah merasa antusias karena pengunjung kali ini membeludak ingin membeli dagangannya.

"Sangat ramai pembelinya, walaupun bayarnya menggunakan racah yang terbuat dari bambu," ujarnya.

Ia berharap dengan kedatangan mahasiswa asal Australia tersebut, wisata Racah Mampulang bisa lebih ramai lagi dikunjungi warga.

Kepala Desa Balida, Saridin menyambut antusias kedatangan dari ULM Banjarmasin yang membawa mahasiswa dari Australia.

"Dengan adanya kunjungan seperti ini kita harapkan bisa mempromosikan wisata kami, ke ranah lebih luas, baik itu di Provinsi, maupun Mancanegara," harapnya.

Ia juga meminta masukan kepada pihak terkait agar bisa mengembangkan Wisata Pasar Budaya Racah Mampulang agar lebih dinikmati oleh wisatawan asing.[martino]

Lebih baru Lebih lama