Respon Permintaan Pita Penggaduh, Dishub Tanbu Tunggu Surat Kades

KEPALA Dinas Perhubungan Tanah Bumbu, Ahmad Marlan.| foto : joni

BATULICIN - Dinas Perhubungan (Dishub) Tanah Bumbu (Tanbu) merespon positif permintaan Kepala Desa Pematang Ulin terkait pita penggaduh di jalan poros di depan Puskesmas Karang Bintang.

Kepala Dishub Tanbu, Ahmad Marlan bahkan masih menunggu surat permohonan dari Kepala Desa maupun Kepala puskesmas di wilayah tersebut.

"Bagaimana pun juga kita akan menurunkan tim, namun kita menunggu surat permohonan yang datang dari Kepala Desa atau pun Puskesmas tersebut," terang Marlan kepada wartawan, Rabu (20/7/2022).

Menurutnya, apabila sudah ada surat masuk dari pihak yang meminta, tim dari Dishub segera melakukan gerakan.

"Rencana di hari Jumat kita cek ke lokasi. Pertama karena jalan itu satu jalur dan berbalikan arah, maka kita lihat, apakah satu jalur itu dua jalur," jelasnya 

Secara teknis, lanjut Marlan, nanti pihaknya melihat dulu sejauh mana kondisi saat mencek ke lokasi.

Sementara terkait Penerangan Jalan Umum (JPU), Marlan mengaku jika hal tersebut memang kewajiban Dishub.

"Tapi kita akan melihat dari sisi anggaran. Syukur-syukur bila ada perusahan yang di sana, nanti kita yang membuat surat, apakah bila membantunya, untuk masyarakat," jelas Marlan.

Marlan berjanji pasti ke lokasi yang diminta, namun masih menunggu surat permintaan. Ia tak ingin salah dalam bertindak.

"Jangan sampai ada kejadian, nanti kita disalahkan. Nanti setelah kami cek ke lokasi, kita usulkan ke tim anggaran, atau kita carikan solusi," terangnya.

Sebelumnya, Selasa (19/7/2022) diberitakan keberadaan rumble strip alias pita penggaduh di poros jalan depan Desa Pematang Ulin atau di depan Puskesmas Karang Bintang, dirasa sangat penting untuk dipasang.

Kepala Desa Pematang Ulin, Winarto berharap dinas terkait memberikan pita penggaduh di jalan poros di depan fasilitas Puskesmas Karang Bintang.

"Saya minta kepada dinas terkait agar memberikan pita penggaduh di jalan depan Puskesmas ini, mengingat mobil maupun pengendara yang datang dari arah Kusan Hulu menuju Simpang atau sebaliknya jarang ada yang pelan," tutur Kepala Desa Pematang Ulin, Winarto kepada wartawan.

Apalagi, lanjut Winarto, di depan pintu gerbang atau depan Puskesmas apabila malam, minim penerangan jalan, sehingga bisa saja terjadi kecelakaan seperti yang dulu sebelum ada Puskesmas ini.[joni]