Bupati Kapuas, Forkopimda Panen Padi Perdana di Food Estate Desa Batuah Basarang

PANEN Padi Perdana di Kawasan Food Estate Desa Batuah Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas.| foto : distankps

KUALA KAPUAS - Panen perdana kegiatan eksetensi padi program Food Estate dalam rangka ketahanan pangan dilaksanakan 
di Desa Batuah, Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng, Sabtu 27 Agustus 2022.

Panen perdana dihadiri Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat bersama pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) RI, Forkopimda serta petani melaksanakan panen padi perdana dipersawahan yang masuk kawasan Food Estate.

Panen perdana ini dihadiri langsung Direktur Perluasan dan Perlindungan Lahan, Ditjen PSP Kementan RI, Erwin Noorwibowo STP bersama jajaran.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat memberikan apresiasi atas kehadiran dan dukungan jajaran pejabat dari Ditjen PSP Kementen RI untuk melakukan panen perdana di kawasan pengembangan Food Estate.

Bupati Ben menandaskan berkomitmen Program Food Estate khususnya di Kabupaten Kapuas ke depan tentunya akan lebih baik sehingga mampu memenuhi kedaulatan pangan terutama beras dan mampu menyumbang peningkatan produksi beras nasional.

Plt Kepala Dinas Pertanian Yaya, dalam laporannya menyampaikan, luas areal tanam padi di Desa Batuah Kecamatan Basarang ini seluas 998 hektare (Ha), panen yang telah dilaksanakan sekitar 10 hingga 25 persen.

"Adapun kegiatan ekstensifikasi di Kecamatan Basarang seluas 752,80 Ha
dan yang ditanam  656,15 Ha, dengan varietas unggul lokal jenis Siam Pandak dan siam Gaul dengan produktivitas 3 sampai 4 ton per hektar," paparnya.

Dilanjutkannya, untuk Desa Batuah luas ekstensifikasi  adalah 430 Ha, tanam 333,35 Ha dengan jumlah kelompok tani (Poktan) di Desa Batuah yang melaksanakan eksten sebanyak 6 Poktan.

"Adapun khusus titik panen Poktan Karya Bersama yang dilaksanakan panen perdana ini dengan luas 76 Ha dan tanam 76 Ha," katanya.

Hadir dalam acara panen perdana itu, Ary Egahni Ben Bahat Ketua TP PKK sekaligus anggota DPR RI Dapil Kalteng, Perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Kalteng, Forkopimda Kapuas, unsur Tripika Kecamatan Basarang, BPP dan PPL serta Gapoktan setempat.[aan/adv]