Dampingi Menhub, Walikota Usulkan Kebijakan Tekan Harga Tiket Pesawat

TARAKAN - Walikota Tarakan, dr H Khairul M.Kes mendampingi kunjungan kerja Menteri Perhubungan republik Indonesia, Budi Karya Sumadi di Kota Tarakan, Kamis (25/8/2022).

Kunjungan ini dilaksanakan di Pelabuhan Malundung dan Bandara Juwata Tarakan.  

Di lokasi ini Menteri bersama jajaran dan Walikota menyimak paparan dari General Manager Pelindo terkait kondisi terkini dan rencana pengembangan Pelabuhan Malundung.

"Di kesempatan yang istimewa ini, saya menyampaikan beberapa hal kepada menteri perhubungan yang menjadi aspirasi masyarakat dan pelaku usaha di Tarakan," tuturnya. 

Salah satunya mengenai bagaimana upaya mewujudkan harga tiket pesawat yang berkeadilan melalui kompetisi yang sehat antar pelaku usaha di bidang transportasi udara dan juga mewujudkan Pelabuhan Malundung sebagai pelabuhan export dan import.

Usulan ini memperoleh tanggapan positif dari menteri perhubungan. Menhub langsung meminta jajarannya untuk dapat mengambil kebijakan agar slot penerbangan di Bandar Udara Internasional Juwata Tarakan dapat mengakomodir semua maskapai yang ingin masuk ke kota Tarakan.

"Saya juga menyampaikan apresiasi atas berbagai dukungan kementerian perhubungan di kota Tarakan yang telah mendukung kelancaran transportasi sehingga roda perekonomian di Tarakan dapat  berjalan lancar," paparnya.

Ia juga berharap agar dengan ekosistem transportasi yang semakin sehat, produk lokal dapat semakin kompetitif di pasar nasional dan internasional.

“Mudah-mudahan melalui berbagai dukungan ini Tarakan dan Kaltara dapat mengejar kakak-kakaknya daerah lain yang telah lebih dahulu bergerak,” ujarnya.

Tarakan khususnya dan Kaltara pada umumnya adalah etalase Negara Republik Indonesia.[aspiansyah]