Ini Saran Fraksi terhadap Tiga Raperda Usulan Eksekutif Tanbu

Ini Saran Fraksi terhadap Tiga Raperda Usulan Eksekutif Tanbu

BATULICIN - Pemandangan umum terkait tiga buah Rencana Peraturan Daerah (Raperda) disampaikan sejumlah fraksi dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Kamis (18/8/2022).

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Tanbu, Said Ismail Kholil Alydrus ini, dari pihak eksekutif diwakili Asisten Perekonomian Keuangan Pembanguan Setdakab Tanbu, Riduan.

Tiga Raperda itu sendiri, yakni tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan (Bank Kalsel).

Kemudian Pembentukan Desa Karang Nunggal di Kecamatan Karang Bintang, Desa Hidayah Makmur, Desa Plajau Mulia, Desa Kupang Berkah Jaya di Kecamatan Simpang Empat, dan Desa Sido Rejo, Desa Beruntung Raya, Desa Berkat Mufakat, Desa Makmur Jaya di Kecamatan Satui.

Terakhir Raperda tentang Penyelenggaraan Ketahanan Pangan dan Gizi.

Ada lima fraksi yang menyampaikan pemandangan umum, seperti Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi PKB dan Fraksi Amanat Nasional Demokrat. 

Mereka juga mengucapkan terima kasih atas apresiasi atas penyampaian tiga Raperda oleh pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanbu.

Beberapa saran dan masukan disampaikan fraksi. Untuk Raperda pertama, agar mendorong Bank Kalsel memperbanyak program yang mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah, dan koperasi.

Dengan demikian, Bank Kalsel dinilai ikut meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus membawa peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sedang Raperda kedua, apakah kriteria pembentukan desa dan persyaratannya sudah terpenuhi. Fraksi juga meminta agar mengkaji secara optimal pemekaran desa demi perkembangan wilayah itu.

Raperda ketiga, pemerintah daerah disarankan menyiapkan sarana, prasarana dan teknologi penunjangnya. Serta menentukan jumlah cadangan pangan ideal dan tata pengelolaannya, karena terkait dengan hajat hidup orang banyak.

Selanjutnya, agenda Rapat Paripurna akan mendengarkan jawaban Bupati atas pemandangan umum fraksi yang telah disampaikan tersebut.[joni]


Lebih baru Lebih lama