Kader Keamanan Pangan di Kapuas Diharapkan Berperan Tekan Stunting

BIMTEK Kader Keamanan Pangan Dinkes Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Program Kader Keamanan pangan diharapkan bisa memberikan dampak terhadap penurunan angka stunting di Kabupaten Kapuas.

Harapan itu disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan, saat memberikan arahan dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Keamanan Pangan yang digelar selama 4 hari, 8 hingga 11 Agustus 2022 di Aula Hotel Almadani Jalan Patih Rumbih Kuala Kapuas.

"Harapan saya dari peserta setelah mendapatkan pengetahuan nantinya dapat turut ambil bagian dalam upaya menurunkan kasus stunting di wilayah masing-masing," kata Tonun Irawati.

Menurutnya, program yang digagas oleh Dinas Kesehatan, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan serta kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman hingga pada tingkat perseorangan.

"Melalui kegiatan Bimtek Kader Keamanan Pangan diberikan pengetahuan tentang pentingnya keamanan pangan dan keterampilan dalam pelaksanaan pengawasan keamanan pangan di tingkat desa dan kelurahan," paparmya.

Yeristiruyeti SKM MM, Ketua Panitia Pelaksana Bimtek Kader Ketahanan Pangan mengatakan, Bimtek kader ketahanan pangan diikuti 60 peserta dibagi 2 angkatan.

Peserta berasal dari desa dan kelurahan locus stunting, yang tersebar di 10 wilayah kecamatan.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman serta mendukung gerakan pemerintah dalam pencegahan Stunting.," katanya.[aan/adv]