Bimtek Kader Keamanaman Pangan Dinkes Kapuas, Ini Materi yang Disampaikan

KEGIATAN Bimtek Kader Keamanaman Pangan Dinkes Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Sebanyak 60 kader keamanan pangan desa dan kelurahan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah.

Bimtek ini dilaksanakan di Aula Hotel Almadani, Kuala Kapuas, selama 4 hari, tepatnya dari tanggal 8 hingga 11 Agustus 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Bimtek Kader Keamanan Pangan, Yeristiruyeti SKM MM menyampaikan, kegiatan dibagi 2 angkatan. Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas para kader keamanan pangan desa atau kelurahan lokus stunting.

"Pemaparan materi dalam kegiatan ini disampaikan oleh narasumber penyuluh keamanan pangan dari Dinkes Kapuas," kata Yeristiruyeti, Selasa (9/8/2022).

Menurutnya, selain pemaparan materi, kegiatan juga diisi dengan tanya jawab antara nara sumber dan peserta serta 
diskusi.

"Adapun materi pada Bimtek ini peserta dipersiapkan dengan bekal pengetahuan tentang keamanan pangan, yakni 5 kunci keamanan pangan untuk keluarga, 5 kunci keamanan pangan untuk sekolah. Pengetahuan tentang keracunan, intoleransi dan alergi pangan, stunting, serta keamanan pangan 2020," terangnya.

Dilanjutkanya, Bimtek ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi kader keamanan pangan dalam memberikan sosialisasi Keamanan Pangan pada komunitas di lingkungan dan sekitarnya, sehingga dapat membantu individu dalam masyarakat untuk mengadopsi praktik Keamanan Pangan yang baik.

Kemudian kader-kader keamanan pangan ini diharapkan dapat mengintervensi keamanan pangan di lingkungan desa atau kelurahannya masing-masing. 

Dengan adanya kader-kader yang telah bekali diharapkan masyarakat jadi tahu, mana pangan yang aman dan mana yang tidak.

"Ini juga dalam rangka untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman serta mendukung gerakan pemerintah dalam pencegahan Stunting," pungkasnya.[aan/adv]